Drainase Jalan di Ruas Waru Sidoarjo Krian Direvitalisasi - El Jabar

Drainase Jalan di Ruas Waru Sidoarjo Krian Direvitalisasi

SIDOARJO, eljabar.com Program Padat Karya Tunai (PKT) yang ditujukan untuk meningkatkan daya beli dan ekonomi masyarakat terus dilaksanakan secara masif oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali.

Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Timur melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.1 ruas Waru-Sidoarjo-Krian telah melaksanakan program PKT revitalisasi drainase jalan di sejumlah lokasi pada ruas tersebut.

Drainase Jalan di Ruas Waru Sidoarjo Krian Direvitalisasi 1

PPK 4.1 Waru-Sidoarjo-Krian, Hariani mengatakan, PKT revitalisasi drainase jalan yang menyerap tenaga kerja yang berasal dari masyarakat setempat diharapkan akan mendongkrak daya beli serta pada akhirnya memberikan kontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Salahsatu lokasi PKT drainase jalan, masih kata Hariani, terletak di Jalan Raya Trosobo, Kabupaten Sidoarjo. Di lokasi tersebut,  pekerja yang terserap PKT sebanyak 35 orang.

Sedangkan besaran upah yang diberikan mengacu pada  Upah Minimum Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021 yang dibayarkan setiap minggu, terhitung sejak mulai bekerja pada 2 Februari 2021.

“Yang dikerjakan pembuatan saluran baru dan pembersihan saluran eksisting,” tutur Hariyani melalui selulernya,  Senin (22/02/2021).

Hariani menambahkan, peralatan yang digunakan dalam PKT merupakan peralatan sederhana. Sedangkan pekerjaannya dilaksanakan secara kelompok dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Selain untuk menjaga agar masyarakat tetap punya penghasilan, revitalisasi drainase jalan yang terhubung dengan drainase lingkungan juga akan melindungi jalan dari potensi genangan yang dapat merusak struktur perkerasan jalan,  tanah dasar (subgrade) maupun struktur jalan.

Kondisi ini tentu akan menyebabkan konstruksi jalan lebih rentan terhadap timbulnya kerusakan. Apalagi jalan di ruas Waru-Sidoarjo-Krian adalah jalan poros utama yang kerap dilintasi kendaraan angkutan dengan tonase besar. (*/andi)

Categories: Regional