Fauzi-Eva Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Terpilih 2021-2024 - El Jabar

Fauzi-Eva Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Terpilih 2021-2024

SUMENEP, eljabar.com — Pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih periode 2021-2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jumat (22/01/2021) malam.

Penetapan itu merupakan hasil dari Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 yang lalu di Kantor KPU setempat.

Achmad Fauzi-Dewi Khalifah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati setelah pasangan yang diusung koalisi PDIP, PAN, Gerindra, PKS dan PBB mengalahkan pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri serta tidak adanya gugatan atas hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK) berdasarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi yang diterima oleh KPU Kabupaten Sumenep.

Fauzi Eva Ditetapkan Sebagai Bupati SumenepKetua KPU Sumenep, A. Warist menyatakan, sesuai PKPU Nomor 19 tahun 2020, penetapan pasangan terpilih ini didasarkan pada hasil rekapitulasi manual yang dilakukan KPU. Adapun rekapitulasi tingkat kabupaten, pasangan Fauzi-Eva memperoleh 319.876 suara. Sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri memperoleh 296.676 suara.

“Maka pasangan nomor urut 1, atas nama Achmad Fauzi-Dewi Khalifah ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020,” ujarnya sembari mengetuk palu pada rapat pleno tersebut.

Penetapan pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah terlampir dalam SK KPU Sumenep Nomor 08/PR.02.7-kpt/3529/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020.

Setelah dilakukan penetapan, KPU Sumenep juga menyerahkan surat pengusulan pengangkatan pasangan calon terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2021-2024 pada DPRD Kabupaten Sumenep untuk disampaikan ke Mendagri RI melalui Gubernur Jawa Timur.

“Mudah-mudahan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih dapat mengemban amanah seperti harapan kita semua,” harap Warist.

Dalam rapat pleno itu Bupati Sumenep terpilih, Achmad Fauzi, menyampaikan terimakasih kepada seluruh penyelenggara Pilkada di semua tingkatan.

Hal ini diungkapkan Achmad Fauzi mengingat penyelenggaran dan pelaksanaan Pilkada Sumenep berjalan dengan baik. Fauzi juga mengapresiasi seluruh komponen dan elemen masyarakat, termasuk Pers. Peran dan kontribusi komponen dan elemen masyarakat Kota Keris yang konstruktif itu, kata Fauzi, adalah kunci dari suksesnya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang berlangsung dengan aman dan damai.

Tak lupa pihaknya juga meminta maaf kepada pihak lawan politiknya, jika selama proses pelaksanaan Pilkada ada beberapa hal yang menyinggung dan kurang menyenangkan.

“Penetapan kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama untuk mewujudkan Sumenep ke depan yang lebih baik membangun daerah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkas Fauzi. (*/ury)

Categories: Pemerintahan