Forkopimka Talango Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Desa Padike – El Jabar

Forkopimka Talango Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Desa Padike

SUMENEP, eljabar.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Pantau langsung pelaksanaan vaksinasi di Desa Padike Kecamatan setempat. Senin (30/08/2021).

Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka menekan penyebaran covid-19 itu, dilaksanakan di Dusun Tanjung Alang, Desa Padike, dihadiri jajaran Forkopimda Talango, diantaranya Danpos Talango Ramil 02 Kalianget, Serka Hariyanto, Kapolsek Talango, M. Haqqul, Camat Talango, Ach. Laili Maulidy, beserta Pemdes Padike.

Saya ingin membantu program pemerintah. Tentu saya harus turun sendiri ke warga untuk menyukseskan vaksinasi ini,” ungkap Kepala Desa (Kades) Padike, Syafaatun Nuriyah disela-sela pelaksanaan vaksinasi.

Menurut dia, keaktifan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) menjadi kunci kelancaran pelaksanaan vaksinasi untuk memutus penyebaran covid-19 di Desanya.

“Kami dibantu perangkat turun ke desa. Ini baru dusun pertama, yakni Dusun Tanjung Alang. Besok tentu ada lagi vaksinasi massal,” ujarnya.
Sedangkan Desa Padike sendiri, lanjut dia, memiliki 7 Dusun, pada tahap pertama vaksinasi ini dilakukan di Dusun Tanjung Alang. Ribuan masyarakat di Desa ini diharapkan mampu menyukseskan vaksinasi tersebut.

“Minimal harus 50 orang setiap harinya divaksin, kita target begitu. Kadang juga bisa lebih,” kata Nuriyah pada media ini.

Sementara untuk tahapan sosialisasi vaksinasi ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Padike melakukan sosialisasi door to door ke setiap dusun yang ada di Desa Padike, Hal itu dilakukan demi memaksimalkan vaksinasi.

“Untuk sosialisasi kami turun langsung ke dusun, bahkan langsung ke per-keluarga. Kalau untuk dusun lainnya masih kita gelar sosialisasi, kita kasih pemahaman. Makanya kami turun sama Kepala Dusun (Kadus) dan perangkat desa lainnya dibantu warga,” jelasnya.

Dia berharap sosialisasi vaksinasi tersebut bisa tersampaikan baik kepada masyarakat. Dia pun mengajak, agar menangkal berita hoax tentang vaksinasi.

“Dengan sosialisasi ini nanti warga bisa paham bahwa vaksin ini aman. Makanya saya divaksin duluan sebagai contoh kepada masyarakat, akhirnya masyarakat sadar. Harapan saya ke depaan, pelayanan kepada masyarakat diutamakan dalam proses vaksinasi,” tuturnya.
“Untuk pelayanan di Pemdes Padike sendiri, jika tidak memiliki kartu vaksin harus ditunda dulu,” timpalnya.

Untuk diketahui, Kecamatan Talango sendiri memiliki 8 Desa. Desa Pandike tercatat pro aktif dalam menyukseskan. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Camat Talango, Ach. Laili Maulidy. Kata dia sejauh ini masyarakat antusias mengikuti vaksinasi untuk menekan penyebaran covid-19.
“Selama ini memang kita tahu di Talango dari proses vaksinasi masih sangat minim. Makanya hari ini saya berterimakasih kepada Kades Padike, yang memang warganya antusias melakukan vaksinasi,” kata Laili.

Menurut Laili, capaian vaksinasi ini merupakan hasil dari kerja keras Forkopimka setempat. Kata dia hampir seluruh desa yang ada di Kecamatan Talango yang paling banyak sasaran vaksinnya memang Desa Padike.

Sebab lanjut Laili, masyarakat Desa Padike lebih inten merespon proses vaksinasi. Buktinya, proses vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep beberapa waktu lalu, banyak warga dari desa ini hadir pada vaksinasi tersebut.

Kalau secara akumulasi untuk Desa Padike lebih dari 200 orang telah selesai melakukan vaksinasi. Karena yang di Sumenep kemarin, ada 25 warga dari total 38 yang datang ke Sumenep. Mereka adalah warga Desa Padike,” jelasnya.

Dia menjelaskan saat ini warga Talango banyak berada di luar daerah alias merantau. Sebab itu, bagi warga yang hendak bepergian ke luar kota wajib menunjukkan kartu vaksin.

“Sekarang yang memulai vaksinasi massal adalah Desa Padike itu sendiri, ini menjadi awal. Harapan ke depan, tidak hanya Desa Padike namun bisa menjadi contoh bagi desa lain di Kecamatan Talango,” tutupnya. (ury)

Categories: Nasional