Geotheatre Di Jadwalkan Akhir Desember 2021 Perbaikanya Akan Selesai – El Jabar

Geotheatre Di Jadwalkan Akhir Desember 2021 Perbaikanya Akan Selesai

Sumedang,eljabar.com — Perbaikan gedung Pusat Budaya Sumedang (Geotheatre) di Blok Pasirsalam, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong selesai akhir Desember 2021.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkim dan Pertanahan Kabupaten Sumedang Gungun Ahmad Nugraha dalam keterangannya, Minggu (12/9).

“Setelah beberapa proses pemeriksaan dan administrasi, untuk perbaikan atap Gedung Geotheatre Sumedang dianggarkan kembali di Tahun 2021,” ujar Gungun.

Sebagaimana diketahui, Gedung Geotheatre yang tahap pertama pembangunannya dibiayai Pemprov Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp. 4,5 M mengalami kerusakan pada atapnya akibat angin puting beliung.

“Sedianya pembangunan tahap kedua akan dilakukan tahun 2021. Namun pada¬† 8 Desember 2020¬† terjadi bencana angin puting beliung yang merusak atap Gedung Geotheatre,” katanya.

Dikatakan, penanganan awal untuk pengamanan lokasi dilakukan dengan koordinasi antara dinas/badan terkait dan dengan pemasangan garis polisi oleh pihak Polres Sumedang.

“Kami juga melakukan koordinasi dan pemeriksaan bersama Tim Ahli Bangunan Gedung dari Kementerian PUPR yang difasilitasi oleh Inspektorat Kabupaten Sumedang. Hal ini sebagai kajian menyeluruh terhadap struktur bangunan Gedung Geotheatre,” ucap Gungun.

Ia menambahkan, proses lelang penyedia jasa telah dilakukan oleh Tim Pokja dari Bagian PBJ dengan nilai pagu anggaran Rp. 880 juta.

“SPK akan dikeluarkan tanggal 24 September 2021 dan waktu pekerjaan 90 hari kalender. Insyaallah pekerjaan akan selesai pada akhir Desember 2021,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia memohon do’a dan dukungannya agar proses perbaikan Gedung Geotheatre berjalan sesuai dengan rencana.

“Mohon doanya semoga pelaksanaanya bisa berjalan dengan lancar dan Gedung Geotheatre bisa digunakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumedang,” tutur Gungun.

Gedung Geotheatre dimanfaatkan untuk berbagai pementasan seni, pagelaran atau festival seperti Tarawangsa, Jaipongan atau seni budaya khas Sumedang lainnya.

Dengan letaknya yang berada di puncak bukit, kita bisa melihat 360 derajat sekelilingnya.

Geotheatre yang lokasinya hanya 15 menit dari exit tol Pamulihan diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru dan unggulan di Kabupaten Sumedang.

Categories: Regional