Gunung Geulis Terbakar, Api Hanguskan 15 Ha Lahan Milik Perhutani

SUMEDANG, eljabar.com — Di beberapa titik di kawasan Gunung Geulis, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, terlihat api menyala tengah malam tadi.

Lahan milik perhutani terbakar di Gunung Reneh dan Gunung Batu tepatnya di RT 03/03 Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor tepat pukul 16.30 Wib.

Hal tersebut dibenarkan seorang warga, Como (64) warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, kepada eljabar.com, Minggu (20/10/2019).

“Iya betul, sekira pukul 16.30 melihat kobaran api dari lahan hutan warga Desa Jatimukti,” ujar Como.

Menurut Danramil 1005/Ckr Kapten inf Lilo Witjaksono didampingi anggota dan petugas lainnya menjelaskan, kobaran api berasal dari lahan hutan warga Desa Jatimukti  pada pukul 16.00, api menyebar  merambat ke hutan Blok Gunung Batu Numpang dan Blok Gunung Reneh serta Blok Gunung Uruk milik perhutani.

Api berhasil dipadamkan sekirta pukul 23.20 Wib dengan alat seadanya, dengan melibatkan 65 personil gabungan dari Dpp Danramil 1005/Ckr Kapten inf Lilo Witjaksono beserta 2 anggota, Warga masyarakat Rw 03, Pemuda Mahasiswa pecinta alam Unpad, Jersi, Relawan Al palah Tanjung Sari, anggota Perhutani, dan Kelompok Tani Gunung Geulis.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini, akan tetapi kebakran tersebut menghanguskan 15 Ha lahan milik perhutani. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional