Gunung Kareumbi Terbakar, Unsur Forkopimda Sumedang Dibantu Warga Cimanggung Padamkan Api

SUMEDANG, eljabar.com — Unsur Forkopimda Sumedang dibantu masyarakat Cimanggung dan ormas membantu memadamkan api di Gunung Kareumbi Blok Patambon Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung, Selasa (15/10/2019).

Apel kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) digelar di lapang bola Desa Cimanggung yang dipimpin Wakapolres Sumedang Kompol Sigit Rahayudi S.IKĀ  yang diikuti peserta apel dari Kodim 0610 Sumedang, Polres Sumedang dari zona I, BPBD Kabupaten Sumedang, Basarnas Propinsi Jabar, BKSDA, Dinas Kesehatan, Masyarakat Cimanggung, Pol PP, Tagana, Ormas Pemuda pancasila, dan Relawan Rebenci.

“Kami mengimbau segala sesuatu harus direnacakan dengan baik, Utamakan keselamatan, tetap jaga kekompakan dan kebersamaan dalam memadamkan api, dan Inventarisir kelengkapan yang akan digunakan dan saling komunikasi satu sama lainnya serta tetap jaga keselamatan,” kata Wakapolres Kompol Sigit Rahayudi.

Setelah selesai dilaksanakan apel Karhutla dilanjutkan pemadaman kebakaran hutan di hutan Karembi Barat yang sudah tiga hari belum bisa dipadamkan.

Sementara itu, Kades Cimanggung Yayat Hidayat mengatakan belum ditemukan berapa luasan lahan yang terbakar. Hanya saja, karena kebakaran sudah terjadi sejak Minggu (14/10/2019) diperkirakan puluhan hektare lahan hutan terbakar.

“Kami pihak desa dibantu kepolisian tengah menyelidiki penyebab kebakaran hutan. Termasuk kami telah menyelenggarakan sayembara bagi siapa saja yang menemukan pelaku kebakaran hutan akan kami berikan reward Rp3 juta,” katanya. (Abas)

Advertisement

Categories: Regional