H. Jajang Unggul Sementara Hasil Penghitungan Cepat (Quick Count) di Pilkades Cibeusi – El Jabar

H. Jajang Unggul Sementara Hasil Penghitungan Cepat (Quick Count) di Pilkades Cibeusi

SUMEDANG,eljabar.com — Calon Kades Cibeusi Kecamatan Jatinangor, nomor urut 2, H. Jajang unggul sementara hasil penghitungan cepat (Quick Count) versi Aplikasi yang dibuat panitia Pilkades Cibeusi, Rabu (27/10). Dari suara yang masuk sebanyak 3.259 dari jumlah DPT 4.100 hak pilih, calkades nomor urut 2 H Jajang memperoleh 2212 suara, disusul Calkades nomor urut 3 Yoyo 812, dan Calkades nomor urut 1 Devi Supriadi 193 suara.

Ketua Pilkades Cibeusi, Apip Hadi Susanto mengatakan ini sebuah terobosan baru Pilkades Cibeusi dan menjadi percontohan panitia Pilkades lain untuk membuat quick Count sendiri. Setiap KPPS harus menginput data ke aplikasi ini kemudian, secara otomatis akan terpantau suara masuk di tiap TPS hingga perolehan sementara. Namun, Apip menegaskan masyarakat jangan terpaku ke hasil penghitungan cepat, sebab hasil resmi akan diumumkan setelah rapat pleno.

“Ini sebuah terobosan ya kita bekerjasama dengan perangkat desa PLT kepala Desa Cibeusi di mana ini untuk mengetahui data sementara kira-kira seperti itu. Kemudian quick count ini juga tidak tidak menjadi acuan ya panitia untuk menetapkan siapa pemenang dalam pemilihan calon kepala desa, karena panitia akan merujuk kepada hasil nyata dari PPS masing-masing 12 TPS yang ada di kita. Jadi data rilnya akan kita tunggu laporan dari TPS ya dari KPPS di TPS nya masing-masing,” ujarnya.

Apip menambahkan, tahapan Pilkades setelah penghitungan dilaksanakan rapat pleno tingkat Desa. Rekapitulasi pleno terbuka sifatnya. Namun karena masih di masa pandemi, masyarakat khususnya tim sukses mohon bersabar wabil khusus lagi kepada para pendukung ya untuk tetap di rumah.

“Dalam rapat pleno itu seluruh calon khususnya kepada koordinator tim untuk menghadirkan saksi termasuk tadi malam distribusi logistik dari desa ke TPS itu dihadiri 3 calon, ini dalam rangka kita sangat terbuka bahwa panitia tidak ada keberpihakan ke salah satu calon,” tandasnya.

Categories: Regional