HPN 2020 dan HUT PWI Ke-74: Rembuk Jurnalis dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dan Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-74 di Kabupaten Sumedang diisi dengan acara “Rembuk Jurnalis dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang” yang dikemas dalam suasana Coffee Morning di halaman belakang Gedung Negara, Jumat (21/02/2020).

Rembuk Jurnalis merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh PWI Kabupaten Sumedang sebagai ‘sharing session’ jurnalis kepada Pemerintah maupun sebaliknya.

Oleh karena itu, acara tersebut dihadiri Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, para kepala Perangkat Daerah, Camat serta seluruh awak media di Kabupaten Sumedang.

Dikatakan Ketua PWI Kabupaten Sumedang Cecep WP, Urun Rembuk Jurnalis merupakan bagian dari peringatan Hari Pers Nasional dan Ulang Tahun PWI ke-74.

“Kegiatan ini intinya untuk memberikan informasi apa yang ditemukan di lapangan sebagai bahan masukan untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah. Sebaliknya juga, pemerintah memberikan informasi kepada kita untuk dipublikasikan kepada masyarakat,” kata Cecep.

Wakil Bupati H. Erwan Setiawan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pers yang selama ini telah berkerja sama dalam menyampaikan program Sumedang Simpati kepada masyarakat.

“Pers dan pemerintah harus bekerja sama untuk mewujudkan Sumedang Simpati. Kita harus terus memberikan informasi terkait dengan program Sumedang Simpati sehingga masyarakat bisa tahu akan kinerja Pemkab,” ujarnya.

Dikatan Wabup, ada beberapa program di Kabupaten Sumedang yang akan dilaksanakan di tahun 2020 diantaranya pengajuan 5.000 sapi untuk dibudidayakan di wilayah genangan Jatigede.

“Selain itu, beberapa program dari Dinas Pertanian dan Peternakan berupa pengembangan Smart Farming dan Agrowisata Cilembu, optimalisasi peran penyuluh pertanian dan peternakan, pengembangan produksi marketing kopi, Mangga Gedong Gincu, Salak Selebong dan Sawo Sukatali,” tuturnya.

Ditambahkan Wabup, beberapa dinas lain juga memiliki berbagai program yang akan direalisasikan di Tahun 2020.

“DLHK mempunyai program penanaman sejuta pohon di area Jatigede dan area lainnya, dan Gerakan Sumedang Kota Buludru. Sedangkan Diskoperindag yaitu mengadakan pelatihan UMKM sinergi dengan Unpad, penataan pasar sandang, pengembangan produksi pengembangan tahu. Dinkes diantaranya program Layanan Digital RSUD, Green Hospital. Adapun Bappenda memiliki program peningkatan pendapat melalui skema parkir berlangganan, Zonita Pamor dan Optimalisasi Trapping Boks dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Tentunya dukungan dari Pers, lanjutnya, sangat diperlukan untuk memberikan informasi yang baik kepada masyarakat terkait program-program tersebut.

Sementara itu, Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh awak media atas peringatan HPN 2020 dan berharap pers di Sumedang semakin maju, berkembang dan lebih baik lagi.

“Terimakasih atas peran Pers yang selama ini telah menjadi rekan kami dalam mempromosikan program-program Sumedang Simpati. Kita harus bersinergi terus dalam memajukan Kabupaten Sumedang. Saya minta dukungan serta dorongan dan bantuannya agar kami bisa mewujudkan Sumedang Simpati,” ucapnya.

Masih menurut Bupati, sebagai pimpinan, ia memiliki fungsi mengarahkan dan mengontrol pelaksanaan dilapangan.

“Oleh karena itu, salah satu realisasinya di tahun ini akan dipasang CCTV 100 buah dan pembuatan Command Centre,” tuturnya.

Bupati berharap kepada Pers agar tetap seimbang memandang dari dua sisi yang objektif.

“Saya hayap Pers bisa melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda dan menjadikan Hari Pers Nasional ini sebagai momentum untuk berbenah,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan