Hujan Deras, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor Cimanggung - El Jabar

Hujan Deras, Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Longsor Cimanggung

SUMEDANG, eljabar.com – Minggu, 10 Januari 2021, hingga pukul 14.00 WIB Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian terhadap korban yang tertimbun longsor di wilayah Ds. Cihanjuang Kec Cimanggung Kab Sumedang dengan hasil 2 korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Pencarian dihentikan sementara pada pukul 14.00 WIB dikarenakan hujan mengguyur wilayah kejadian.

Kepala Basarnas Bandung menyebutkan, hingga pukul 16.00 WIB pencarian masih belum dilanjutkan karena dikuatirkan dapat membahayakan personil yang bertugas mengingat hujan yang cukup besar bisa membuat pergerakan tanah dan dikuatirkan menyebabkan longsor susulan. Jika cuaca memungkinkan, maka pencarian akan dilanjutkan pada malam hari.

Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian dengan dibantu alat berat untuk mengangkut material longsor. Selain itu juga Tim SAR Gabungan gunakan alkon dan alat ekstrikasi untuk lakukan pencarian. Pukul 09.30 WIB Tim SAR Gabungan menemukan korban dengan jenis kelamin laki laki dalam keadaan meninggal dunia. Korban selanjutnya korban ditemukan pada pukul 12.55 WIB berjenis kelamin laki laki dalam keadaan meninggal dunia.

Hingga pukul 17.30 WIB total korban yang berhasil dievakuasi berjumlah 13 orang  dalam keadaan meninggal dunia, 25 selamat (3 dievakuasi tim SAR Gabungan dan 21 menyelmatkan diri)  dan dalam pencarian total 27 dengan rincian 6 sesuai data awal dan penambahan 21 sesuai dengan laporan masyarakat ke posko. Data berdasarkan info dr incident commander dan puskesmas Sawah Dadap.

Data akan terus berubah dan berkembang sesuai dengan laporan. Kepala Basarnas Bandung menghimbau untuk warga yang merasa kehilangan anggota keluarga agar melaporkan ke Posko SAR Gabungan yang berada di SMAN 1 Cimanggung.

Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari karens kondisi cuaca di lapangan tidak memungkinkan. (Abas)

Categories: Regional