Inovasi Bidang Kesehatan, Pemkab Sumedang Luncurkan Koncibumi - El Jabar

Inovasi Bidang Kesehatan, Pemkab Sumedang Luncurkan Koncibumi

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus berinovasi dalam rangka meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat termasuk di bidang kesehatan, salah satunya dengan peluncuran Aplikasi Koncibumi.

Aplikasi Koncibumi (Kontrol Cicing di Bumi) merupakan sebuah aplikasi pelayanan rawat jalan yang memberikan layanan antar obat untuk pasien rawat jalan di RSUD Sumedang.

Aplikasi tersebut secara resmi diluncurkan oleh Bupati H Dony Ahmad Munir dalam Apel Senin Pagi (26/10/2020), di halaman Parkir Paviliun Tandang RSUD Kabupaten Sumedang yang pada kesempatan tersebut menjadi Pembina Apel.

Dikatakan Bupati Dony, selama ini masih banyak masyarakat yang harus kontrol ke Rumah Sakit dengan memesan obat secara langsung datang Ke RSUD.

“Dengan hadirnya aplikasi Koncibumi ini, hanya dengan diam di rumah, membuka aplikasi dan menyampaikan permohonannya untuk memesan obat. Pada hari itu juga petugas akan datang dan memberikan obat kepada pemohon tersebut,” imbuhnya.

Bupati menambahkan, dengan hadirnya aplikasi Koncibumi diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di saat pandemi.

“Aplikasi ini sangat baik sekali, apalagi di masa pandemi seperti ini karena akan mengurangi interaksi sehingga membuat kita aman dari Covid-19. Tentunya aplikasi ini juga dapat membantu masyarakat agar terus produktif karena obat dapat diberikan,” ujarnya.

Masih dikatakan bupati, Aplikasi Koncibumi merupakan salah satu solusi dari RSUD Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Bupati mengatakan, selain Koncibumi, ada sebuah program untuk Lansia bernama Red Karpet yang membantu dalam memesan obat yang akan diantarkan langsung ke rumah.

“Ini merupakan kolaborasi yang sangat baik antara Rumah Sakit, BPJS, dan dan Bank bjb. Saya harap  adanya aplikasi ini dapat memotivasi yang lainnya untuk membuat aplikasi yang sifatnya memudahkan masyarakat dan mempercepat pelayanan sehingga pelayanan menjadi prima,”  tuturnya.

Terkait dengan Cuti Bersama, Bupati mengimbau  masyarakat Sumedang dapat menikmati wisata yang ada di Kabupaten Sumedang, tanpa harus keluar kota.

“Kita imbau kepada masyarakat agar tidak keluar daerah, apalagi ke Zona Merah pada saat cuti bersama,” ungkap Bupati.

Selain itu Bupati mengatakan, Pemkab akan terus memantau terus orang luar yang datang ke Sumedang selama Cuti bersama dengan mengefektifkan Satgas Covid-19 Sumedang.

“Kami juga akan buat imbauan di tempat-tempat  wisata harus mempersiapkan sarana prasarana kesehatan dengan lengkap dan disediakan Satgas internal untuk memastikan Prokes dijalankan dengan baik sehingga selama Cuti Bersama tidak akan ada tambahan klaster baru di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut diberikan pula kendaraaan operasional dari Bank bjb kepada Bupati Sumedang dan RSUD Kabupaten Sumedang.

Tampak hadir pada peluncuran Aplikasi Koncibumi tersebut Perwakilan BKPSDM Provinsi Jabar, Direktur RSUD Kabupaten Sumedang Dr. H. Aceng Solahudin Ahmad M.Kes, Pimpinan Bank bjb Cabang Sumedang Graha Noviana S.Kom.MBA beserta jajaran, Kepala BPJS Kesehatan Sumedang Fitriana Salam Skm,. AAAK, Kepala Diskominfosanditik Dr. Iwa Kuswaeri M.M, dan seluruh pegawai RSUD Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Pemerintahan