Ir H. Ridwan Bae : Pelayanan Operasi SAR Perlu Ada Peningkatan Secara Signifikan – El Jabar

Ir H. Ridwan Bae : Pelayanan Operasi SAR Perlu Ada Peningkatan Secara Signifikan

SUMEDANG,eljabar.com  — Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir H. Ridwan Bae menyatakan, bahwa perlu ada peningkatan secara signifikan terkait kesiapsiagaan dalam pelayanan operasi SAR khususnya dilingkungan Badan SAR Nasional (Basarnas).

“Ya kami telah menerima beberapa aspirasi dari Basarnas yang dinilai menjadi kendala dilapangan seperti, jarak tempuh ke lokasi pertolongan, personil yang masih kurang hingga perlu penambahan pos pos baru di setiap daerah,” ujar Ridwan kepada wartawan saat
Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Kantor SAR Bandung jalan raya Bandung-Garut KM 27 Cimanggung, Sumedang, Jum’at (1/10/2021).

Ridwan menyampaikan, selanjutnya sejumlah kendala tersebut akan dikemukakan dalam rapat komisi dilingkungan DPR RI.

“Intinya, kami mendukung adanya peningkatan kesiapsiagaan dalam pelayanan pertolongan operasi SAR dimanapun. Termasuk diwilayah Basarnas Jabar, jangan sampai jarak tempuh, kurangnya personil dan lainnya menjadi kendala yang berlarut larut dalam menjalankan tugasnya,” tandasnya.

Dikesempatan itu, Direktur Sarana Prasana dan Komunikasi, Brigjen Widjang Pranjoto didampingi Kepala Biro Umum, S Riyadi S.Sos dan Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah menyambut baik kegiatan kunker rombongan Komisi V DPR RI ke Kantor SAR Bandung.

“Basarnas akan terus meningkatan kesiapsiagaan dalam pelayanan operasi SAR. Terlebih, quick response search and rescue merupakan salah satu program yang sudah dan terus diterapkan dalam memberikan pelayanan pencarian serta pertolongan kepada seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Olehsebab itu, terang Widjang, pihaknya mengajak semua pihak dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan mengingat kondisi sekarang sudah mulai memasuki musim hujan sehingga tim SAR di daerah harus selalu waspada juga siaga.

“Waspadalah dan bersiaga agar begitu ada bencana ataupun musibah alam maka tim di daerah harus lebih dulu melakukan penanganan.

Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati terutama bagi daerah yang tiap tahunnya kerap dilanda banjir,” tutupnya.

Categories: Kronik