Ivan Tangkulung Bakal Manjakan Telinga dengan Single “Seasons” – El Jabar

Ivan Tangkulung Bakal Manjakan Telinga dengan Single “Seasons”

BANDUNG, eljabar.com — Pecinta musik tanah air akan dimanjakan sebuah karya musisi multitalenta Ivan Tangkulung di bulan Desember ini. Pasalnya, Ivan akan meluncurkan single teranyarnya, “Seasons”.

Ivan Tangkulung adalah Komposer, Sutradara Musik, dan Pianis serba bisa yang karyanya berkisar dari Musik untuk Teater, Film, hingga Musik Kontemporer.

Ivan telah menulis untuk ensemble/Festival lokal dan internasional seperti New Thread Quartet (New York), SETTS Ensemble (Singapore), Trinity Youth Symphony Orchestra (Indonesia), Ensemble Musique de la Belle (Singapore), Indonesian Orchestra and Ensemble Festival (IOEF) dan Festival Band Internasional Singapura (SIBF).

Ivan juga telah menggubah beberapa Original Musical, seperti Chest of Shadow (2015, Singapore), Clash of Two Worlds (2017, Singapore), Plastic Fantastic (2019, Produced by Gigi Art of Dance), Serial Musikal Siti Nurbaya (2021, Produced oleh Indonesia Kaya).

Selain Composing, Ivan juga aktif sebagai Music Director dan Conductor, menyutradarai Production of Into the Woods (2019) dan Hairspray (2020) Teater Musikal Nusantara, dan Ibadah Simfoni Band Kristen Indonesia.

Ivan memperoleh gelar Bachelor of Music (Composition) di bawah bimbingan komposer Malaysia Chong Kee Yong di LASALLE College of the Arts (Singapura).

Ivan hadir melakukan Workshop oleh Amos Chia (Singapura), dan Gevorg Sargsyan (Armenia) Ivan juga seorang pianis jazz aktif, belajar di bawah bimbingan Master Jazz Indonesia, Glenn Dauna.

Ivan saat ini sedang mengerjakan Singlenya, “Seasons” yang akan dirilis pada Desember 2021. Adapun profil kesehariannya dapat ditemui di Instagram Ivan Tangkulung.

Berkat, segudang pretasinya itu, nama Ivan Tangkulung di kancah musik Indonesia sudah tak asing lagi. Ya, musisi multitalenta ini telah banyak menghiasi permusikan tanah air. Kini, ia pun siap memanjakan masyarakat dengan single terbarunya berjudul “Season”

“Musik adalah bahasa universal dan musik adalah media yang tidak hanya dapat mendobrak dimensi ruang dan waktu, tapi dapat menyentuh hati, jiwa manusia, dalam berbagai lapisan kehidupan,” demikian kata Ivan Tangkulung yang akan merilis “Seasons” di bulan Desember.

“Musik adalah segalanya. Tidak ada yang pernah tahu kapan musik pertama dimulai. Sebab setiap bebunyian di alam, punya nadanya sendiri. Guntur menggelegar, angin berhembus, bahkan batu pun bisa bernyanyi,” tambah Ivan, penuh makna.

Dalam keseharian, ucap pria berparas tampan itu, musik menjadi wakil tersendiri ketika sedih, senang, gundah, bingung, takut, marah, dan bahagia. Musik tak segan memberi ruang untuk berekspresi. Tak ada manusia yang tidak menyukai musik.

“Musik adalah inspirasi, yang mengiringi setiap hari. Musik memberi kehidupan. Memberi kawan juga kenangan. Musik adalah segalanya,” tegas dia. (yad)

Categories: Kronik,Regional,Seni & Budaya