Jalan Lingkar Utara Sumenep Diresmikan, Destinasi Wisata Disiapkan - El Jabar

Jalan Lingkar Utara Sumenep Diresmikan, Destinasi Wisata Disiapkan

SUMENEP, eljabar.com – Jalan Lingkar Utara sepanjang 3,9 kilometer yang melintasi Desa Parsanga dan Desa Kebunan, Kecamatan Kota Sumenep diresmikan Bupati Sumenep, Busyro Karim. Jalan yang dibangun pada 2019 lalu itu telah selesai pengerjaanya nantinya diharapkan akan memberikan benefit bagi transportasi sehingga akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Proyek jalan lingkar utara yang biaya pembangunannya menelan dana sebesar Rp42 miliar yang berasal dari APBD Kabupaten Sumenep TA 2019 dan dikerjakan oleh PT Menara Inti Jaya Group. Disisi lain, jalan lingkar utara memiliki dua nama yang diambil dari para tokoh sejarah. Yakni, jalan dari arah timur Desa Parsanga dengan bernama jalan Siddingpuri, sedangkan jalan di sisi barat Desa Kebunan diberi nama Jalan KH. Mudzfar. Kedua nama tersebut resmi dilaunching oleh Bupati Sumenep, Busyro Karim, Senin (26/01/2021).

“Yang pertama lingkar utara ini memang didasari pemikiran pemekaran Kota. Karena jalan kota yang ada sekarang sudah padat dari bangunan penduduknya,” kata Busyro.
Selain pemekaran kota, lanjut Busyro, jalan tersebut akan dijadikan destinasi wisata untuk menunjang pengembangan Kota Keris.
“Kawasan ini akan menjadi destinasi wisata. Karena pemandangan alamnya sangat bagus di sini. Saya kira di sini adalah titik dari destinasi itu,” tambahya.

Sementara, Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto, mengungkapkan, jika saat ini pembangunan jalan tersebut sudah tuntas dan hanya melengkapinya dengan sejumlah penerangan jalan umum (PJU).

“Tinggal pemasangan PJU. Jika PJU sudah terpasang tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman gabi masyarakat untuk melintas. Selain itu, juga akan terlohat lebih indah, ,” kata Eri.
Meski sempat terkendala dalam proses perizinan pemanfaatan lahan milik Perhutani, imbuh Eri, namun proyek tersebut dapat diselesaikan berkat dukungan seluruh pihak.

“Awal-awal pembangunan kita kan ada proses perizinan pemanfaatan lahan Perhutani,” tambah Eri.

Pada acara peresmian tersebut juga dihadiri segenap jajaran Forkompind, sejumlah tokoh masyarakat setempat serta Pemdes Parsanga dan Pemdes Kebunan. (ury)

Categories: Nasional