Jelang Idul Adha 1442 H, Harga Hewan Kurban Di Passar 17 Agustus Pamekasan Naik Drastis | El Jabar

Jelang Idul Adha 1442 H, Harga Hewan Kurban di Passar 17 Agustus Pamekasan Naik Drastis

PAMEKASAN,  eljabar.com Memasuki H-7 Idul Adha, sejumlah hewan kurban di Pasar 17 Agustus, Pamekasan mengalami kenaikan yang cukup besar dalam sepekan ini. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikan harga pasar pada tahun ini disebabkan beberapa faktor.

Untuk 1 ekor kambing jenis etawa, semula harganya Rp4 juta per ekor sekarang naik menjadi Rp8 juta per ekor. Di tengah penerapan PPKM darurat, sejumlah kebutuhan pokok mulai dari sembako hingga kebutuhan sehari-hari, juga menjadi mahal. Begitu pula dengan hewan kurban di Pasar 17 Agustus, Pamekasan.

Holilur Rahman, seorang pedagang kambing di pasar tersebut menuturkan bahwa hewan kurban miliknya yang dijual saat ini mengalami kenaikan harga yang cukup besar dibandingkan tahun lalu.

Rahman mengaku, permintaan konsumen cukup tinggi. Misalnya, untuk kambing jenis etawa umur 2-4 tahun dengan kelamin jantan, permintaannya naik tajam. Ini disebabkan oleh permintaan konsumen dari luar Pulau Madura.

“Alhamdulillah, meskipun dalam perbelakuan PPKM darurat, semua permintaan hewan ternak saya, tidak mengalami hambatan karena dibekali dengan memenuhi semua peraturan yang berlaku. Semua sampai di tangan konsumen sesuai komitmen,” ucap Rahman di Pasar 17 Agustus, Pamekasan, Kamis (15/07/2021).

Sebanyak 170 ekor kambing jenis etawa dan kambing  lokal miliknya laku terjual dalam kurun waktu singkat. Dalam satu minggu ia mampu menjual sebanyak 60 ekor kambing dengan bermacam jenis.

Kondisini ini, diakui Rahman akan mengalami eskalasi harga di tingkat pasar yang cukup signifikan.

“Apalagi permintaan menjelang hari raya kurban meningkat tajam. Saya bersyukur, di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi covid-19, ada berkah yang bisa menunjang pedagang kecil seperti kami, agar bisa tetap bertahan,” pungkas Rahman. (idrus)

Categories: Kronik