Jumat Bersih, Saluran Air Cipasir Dibersihkan untuk Antisipasi Banjir - El Jabar

Jumat Bersih, Saluran Air Cipasir Dibersihkan untuk Antisipasi Banjir

SUMEDANG, eljabar.com — Mengantisipasi banjir musiman saat hujan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta aparat Desa Cintamulya melaksanakan jumat bersih di saluran air Cipasir perbatasan Desa Jelekong Kecamatan Rancekek dengan Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor.

“Kegiatan Jumsih itu rutin digelar mulai jam 08.00 sampai selesai. Khusus hari itu dilaksanakan di Dusun Cipasir RW 01 Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung,” kata Pjs Kades Cintamulya, H Awam Dawam.

Menurut, Awam kegiatan pengangkatan sampah yang menumpuk di saluran air akibat warga yang buang sampah sembarangan bilamana curah hujan tinggi menyumbat saluran air di Dusun Cipasir meluap ke Jalan Raya Bandung Garut.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menghindari gangguan arus lalu lintas jalur jalan Bandung-Garut akibat tumpukan sampah yang meluap serta mencegah kecelakaan akibat jalanan menjadi licin,” katanya.

Adapun petugas yang hadir, kepala desa, Bhabinkamtibmas Desa Cintamulya, Babinsa Cintamulya, BPD, LPM, ketua RW 01 beserta linmas.

Menurut Babinsa Cintamulya Serka Endang Sukari saluran air di Dusun Cintamulya setiap terjadi curah hujan yang tinggi menjadi langganan penumpukan sampah akibat dampak warga masyarakat yang membuang sampah dari hulu sungai.

“Ya intinya agar masyarakat nyaman, dan tentram disaat musim hujan. Meskipun ini sampah dari tetangga, tapi dari mana pun itu, jelas harus dibersihkan,” katanya. (Abas)

Categories: Regional