Kabupaten Sumedang Dipilih Menjadi Destinasi Wisata Religi Oleh Rombongan Wisata dari Provinsi Sumatera Barat – El Jabar

Kabupaten Sumedang Dipilih Menjadi Destinasi Wisata Religi Oleh Rombongan Wisata dari Provinsi Sumatera Barat

Sumedang, eljabar. Com — Kabupaten Sumedang dipilih menjadi destinasi wisata religi oleh rombongan wisata dari Provinsi Sumatera Barat yang tergabung dalam Indonesia Mengaji (Duta Religi) dan Mitra Bisnis Gemilang.

Rombongan diterima langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Rabu (3/11).

Eli Roseva selaku ketua rombongan sekaligus Founder Mitra Bisnis Gemilang mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Sumedang merupakan wisata pertama bagi rombongannya.

“Kali ini merupakan wisata religi perdana ke Jawa Barat dan pilihannya Kabupaten Sumedang. Ini merupakan hasil kerja sama Indonesia Mengaji dan Mitra Bisnis Gemilang,” ujarnya.
Eli mengungkapkan, dipilihnya Sumedang karena terdapat beberapa lokasi yang bisa lebih mendukung dalam memaknai tadabur alam.

“Ada beberapa lokasi yang akan kami kunjungi selama di Kabupaten Sumedang, diantaranya Masjid Agung Sumedang, Makam Cut Nyak Dien, dan yang lainnya. Total rombongan yang kami bawa saat ini berjumlah sekitar 100 orang,” terangnya.

Dikatakan Eli, program wisata religi yang diusungnya bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai agamis tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

“Selama ini kita perhatikan wisata-wisata sudah terlalu banyak menghadirkan turis asing sehingga kebudayaan setempat sudah tercampur. Jadi di sini kita menghadirkan nilai-nilai kultur adat istiadat serta agama,” ungkapnya.

Eli merasa bangga karena rombongannya bisa diterima langsung oleh Bupati Sumedang yang selama ini sudah dikenal dengan program-programnya.

“Selama ini kami selalu mengikuti kegiatan Bupati Sumedang. Salah satunya kajian oline atau Magrib Mengaji Online. Bagi kami hal ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan banyak pemimpin seperti Bupati Sumedang yang mengedepankan agama dalam kepemimpinannya.

“Semoga Islam semakin jaya dengan pemimpin-pemimpin yang luar biasa dan melahirkan muslim yang taat beragama serta menjalankan tugas-tugas negara dengan konsep ibadah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyambut baik kedatangan rombongan wisata religi Indonesia Mengaji tersebut yang menurutnya kegiatan tersebut merupakan bentuk wisata inovatif.

“Output yang bisa kita dapatkan dari wisata religi ini yakni bertambahnya ilmu pengetahuan, ilmu agama, menambah pengalaman, memperkuat keimanan kepada Allah, serta silaturahim,” katanya.

Terakhir Bupati mengatakan, konsep wisata religi tersebut bisa menjadi role model bagi yang lainnya karena di dalamnya terdapat tadabur alam, qiyamullail, kajian duha, belajar bahasa Arab dan sebagainya.

“Saya sangat tertarik dengan program seperti ini. Ada sesuatu yang baru yang bisa kita dapatkan dari kegiatan seperti ini. Terima kasih juga menjadikan Sumedang sebagai lokasi kegiatan ini,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional