Kader Konservasi dan Kelompok PA Bandung, Salurkan Sembako Bantuan Polda Jabar

KAB. BANDUNG, elJbar.com — Sudah hampir satu bulan lebih Indonesia termasuk warga Jawa Barat terpapar akibat dampak dari pandemi virus corona, yang semakin hari terus meningkat.

Sementara musim penghujan, menyisakan bencana banjir dan longsor di beberapa daerah Jawa Barat. Salah satu daerah langganan banjir yang paling parah adalah di Kabupaten Bandung.

Di tengah situasi saat ini, bisa dirasakan bagaimana kepanikan dan keresahan masyarakat saat menghadapi bencana alam ditengah pandemic virus corona yang juga menghambat aktivitas masyarakat.

“Namun ketakutan dan kepanikan ini, bukan jalan keluar untuk menghadapi kondisi saat ini. Upaya dan terus untuk optimis agar bisa keluar dari persoalan ini, merupakan sikap positif yang harus terus kita bangun sekarang,” ujar Ketua DP FK3I Jabar Dedi Kurniawan kepada eljabar.com, usai acara pembagian sembako bagi masyarakat korban bencana dan terpapar wabah corona, di Banjar Kab. Bandung, Selasa (28/04/2020).

Melihat situasi dan kondisi yang memprihatinkan, gabungan Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam Bandung, melalui gerakan gotong royong “Kita Peduli Kita Berbagi” melakukan pendistribusian sembako kepada masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung.

Aksi social yang di gagas bareng Polda Jabar, Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam Bandung ini, merupakan aksi nyata ditengah masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan, meskipun mungkin tidak seberapa.

“Gerakan ini penting. Meskipun nilai materinya, mungkin tidak seberapa. Tapi semangat kepeduliannya, gotong royong dan kemandirian ini yang harus kita jaga dan terus kita galakan. Apalagi ditengah masyarakat yang sedang membutuhkan,” jelas Dedi.

Melalui gerakan aksi soisal ini juga, Dedi bersama rekan Kelompok Pecinta Alam Bandung, mengajak seluruh elemen masyarakat, membuat gerakan positif melalui slogan “Kita Peduli Kita Berbagi” dengan aksi nyata.

“Membangun gerakan gotong royong untuk sesama, dilandasi kemandirian dan keyakinan kita masing-masing,” tandasnya.

Hal yang sama disampaikan kordinator Gugus Tugas Mandiri Gabungan Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam, Tegar Jiwaraksa. Menurut Tegar, saat ini seluruh elemen masyarakat perlu bersatu melawan pandemi covid 19.

Sekecil apapun bantuan untuk saudara-saudara yang terkena dampak wabah corona dan bencana banjir, sangat berarti demi memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Kami membantu pendistribusian bantuan sembako sumbangan dari Polda Jabar untuk masyarakat di dua kecamatan Kabupaten Bandung. Mereka korban langganan banjir dan saat ini sedang menghadapi pandemi covid-19,” ujar Tegar.

Aksi social pendistribusian sembako yang dilakukan di Kampung Ciputat RW 06 Kelurahan Andir Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung dan RW 05 Desa Kamasan Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, merupakan bantuan sembako yang digalang dari Polda Jabar.

“Ini memang belum mencukupi seluruh warga yang terkena dampak. Namun kami berharap kegiatan seperti ini menjadi penyemangat dan dapat diikuti pihak lain, sebagai bentuk gotong royong dan saling membantu disaat kita semua terkena dampak,” jelasnya.

Gugus Tugas Mandiri Gabungan Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam, menerima pendistribusian bantuan sembako atau bantuan lain untuk korban bencana dan masyarakat yang terdampak virus corona. (MI)

Advertisement

Categories: Kronik