“Lebih Kritis Lebih Edukatif” Tema Dalam Muskorda IJTI SUMA 2021 – El Jabar

“Lebih Kritis Lebih Edukatif” Tema Dalam Muskorda IJTI SUMA 2021

Sumedang,eljabar.com — Kehadiran Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumedang Majalengka
(IJTI Suma) di Kabupaten Sumedang telah banyak dirasakan kontribusinya.

Hal tersebut diucapkan Bupati Dony Ahmad Munir saat menghadiri Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) IJTI ke-2 yang mengusung tema “Lebih Kritis Lebih Edukatif” di Aula Baznas Sumedang, Sabtu (28/8).

“Saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja sama selama ini, antara IJTI Suma dengan Pemkab Sumedang khususnya dalam mempublikasikan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pemerintah daerah kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, pemerintah dan wartawan hadir sebagai instrumen untuk bersama-sama mengedukasi dan mensejahterakan masyarakat.

“Apa artinya kegiatan dan program-program kami yang bagus tanpa bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Tentunya akan lebih jelas lagi ketika ada media yang bisa menyampaikan berbagai sosialisasi program dan kegiatan kami,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Muskorda sendiri merupakan keharusan rutin organisasi untuk mengevaluasi dan menilai perjalanan pengurus.

“Mengevaluasi secara jujur dan objektif berbagai hal yang telah dilakukan selama masa periode sebelumnya. Lalu menyusun program kerja ke depannya,” katanya.

Bupati menambahkan, IJTI merupakan wadah yang menyatukan para awak media televisi dan wadah untuk meningkatkan kapasitas serta kompetensi para awak jurnalis televisi.

“Dalam menetapkan program IJTI ke depan harus betul-betul bisa ‘concern’ terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi anggotanya. Orang yang berkompeten akan di ukur dari pengetahuan, pengalaman, serta sikap dan integritas,” ungkapnya.

Bupati berharap IJTI Suma bisa terus maju, berimbang dan menjadi contoh bagi IJTI di kabupaten lainnya.

“IJTI Suma harus menjadi role model. Artinya ada pembeda antara IJTI Sumedang dengan IJTI di daerah lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Suma terpilih Beben HVA mengatakan, di tengah-tengah pandemi Covid-19 jurnalis televisi harus lebih memberikan tayangan yang memberikan rasa tenang kepada masyarakat di samping harus lebih edukatif dan kreatif dalam menjalankan tugas.

“Kita harus memberikan tayangan yang lebih memberikan rasa tenang kepada masyarakat. Jangan sampai pemberitaan Covid-19 ini malah memberikan kecemasan kepada masyarakat,” katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Sumedang, Perwakilan Dandim 0610 Sumedang, perwakilan Kalapas Kelas 2B Sumedang, perwakilan BNNK Sumedang, Ketua Umum IJTI pusat (secara virtual), Ketua Pengda IJTI Jabar, Kepala Dinas Kominfosanditik Kabupaten Majalengka, Perwakilan Kepala Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang, dan tamu undangan lainnya.(abas)

Categories: Regional