Lelang Tak Becus, Kontrak Pemeliharaan Rutin Jembatan Suramadu Terpenuhi 81% - El Jabar

Lelang Tak Becus, Kontrak Pemeliharaan Rutin Jembatan Suramadu Terpenuhi 81%

Surabaya, eljabar.com – Pekerjaan pemeliharaan Jembatan Suramadu tahun 2020 ternyata tak dituntaskan sesuai rencana kegiatan Pemeliharaan Rutin Jembatan Suramadu.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Gorip Nanda Guna dengan nilai kontrak pekerjaan sebesar Rp71 miliar lebih, dihentikan saat progres pekerjaan baru mencapai 81 persen. Alasan yang mengemuka, hal itu disebabkan kesalahan dalam lelang.

Demikian keterangan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu, Herlambang Zulfikar, tanpa menyebut secara gamblang alasannya.

Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang menggawangi pelaksanaan kegiatan Pemeliharaan Rutin Jembatan Suramadu tahun 2020 itu mengatakan bahwa pekerjaannya dihentikan berdasarkan surat yang ia terima dari pusat.

Alasan yang tidak terinci ini tentu akan memantik spekulasi negatif publik. Sebab, penghentian dari pelaksanaan kontrak pekerjaan dalam pengadaan barang jasa pemerintah memiliki aturan main yang jelas.

Kendati demikian, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu yang notabene menggemgam kewenangan dalam pelaksanaan kegiatan Pemeliharaan Rutin Jembatan Suramadu tahun 2020, sepatutnya memberikan keterangan yang konkrit. Begitu juga dengan stake holder terkait di lingkup Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jatim-Bali. (*wn)

Categories: Nasional