Level Ketinggian Capai 37 Meter, Bendungan Kuningan Siap Diresmikan – El Jabar

Level Ketinggian Capai 37 Meter, Bendungan Kuningan Siap Diresmikan

KUNINGAN, eljabar.com Sebagai salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN), Bendungan Kuningan yang berlokasi di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum ditinjau langsung oleh Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi beserta jajaran pada Selasa (3/8/2021).

Dalam kunjungan kali ini, Kepala BBWS menyatakan bahwa Bendungan Kuningan sudah mulai digenangi oleh air, yang sampai hari ini sudah mendekati level ketinggian 36-37 meter.

Selain itu, ia juga meninjau beberapa area di Bendungan Kuningan, meliputi area ruang publik, area sumur bor, dan rumah relokasi penduduk.

Sampai saat ini area ruang publik sudah terbangun dan siap digunakan. Sementara untuk area rumah relokasi sudah siap dihuni sebagai rumah baru yang asri dengan fasilitas publik yang lengkap seperti masjid dan ruang terbuka hijau. Dan tentunya suplai air di rumah relokasi dijamin tercukupi dengan adanya 2 sumur bor dengan debit 1 liter per detik dan 0.5 liter per detik.

Dengan selesainya pembangunan setiap elemen di Bendungan Kuningan merupakan satu cerminan bahwa Bendungan Kuningan siap diresmikan oleh Presiden RI dan Menteri PUPR agar tujuan pembangunan bisa dirasakan manfaatnya.

Bendungan Kuningan didesain untuk memenuhi kebutuhan Daerah Irigasi Cijangkelok seluas 2.000 hektare dan Daerah Irigasi Cileuweung seluas 2.000 hektare.

Selain itu, bendungan tersebut juga memiliki kapasitas air baku sebesar 300 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 500 kilowatt dan sebagai pengendali banjir. (cimcis/*wn)

Categories: Nasional