Mantul...! Inisiator Pungli di SMPN 1 Pameungpeuk Kebal Hukum? - El Jabar

Mantul…! Inisiator Pungli di SMPN 1 Pameungpeuk Kebal Hukum?

BANDUNG, eljabar.com – Mantap betul (Mantul), hingga Jumat, 5 Juni 2020 genap 155 hari MS, Kabid SMP Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat terkena operasi tangkap tangan (OTT) Saber Pungli Jabar pada Jumat, 3 Januari 2020 lalu. Namun oknum pejabat yang disinyalir inisiator pungutan liar (pungli) di SMPN 1 Pemeungpeuk Kab. Bandung bebas berkeliaran, laksana kebal hukum atau tidak tersentuh hukum?

Demikian pula dengan oknum kepala SMP yang turut serta kena OTT Saber Pungli Jabar, diduga pemberi uang pungli melenggang bebas. Tak ayal jadi pertanyaan banyak pihak.

Sumber yang enggan disebutkan namanya melalui pesan singkat whatsapp beberapa waktu lalu menjelaskan, “yang menginisiasi pertemuan, mengundang serta menentukan waktu dan tempat pertemuan, yakni diduga AS selaku sekdis yang juga menyuruh menyampaikan mohon bantuan adalah sekdis,” beber sumber.

Salah seorang warga pendidikan di Kecamatan Solokan Jeruk menuturkan, “Sekdis AS ditakuti para kepala SMPN, pasalnya kalau tidak menuruti kemauan AS jangan harap bisa mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) atau bisa dimutasi,” jelasnya.

Namun, imbuhnya, seiring dalam persidangan MS, AS disebut-sebut. Belakangan kepala SMPN yang tadinya manut, salasatunya kepala SMPN 2 Solokanjeruk pelan tapi pasti mundur meninggalkan AS karena takut dijadikan saksi.

Mengutif pengakuan beberapa kepala SMPN di Kab. Bandung senada mengatakan, MS jadi korban, pasalnya selain belum lama jadi Kabid SMP dan juga tidak pernah meminta apapun ke sekolah. A56

Categories: Pendidikan