Memperkuat Komunitas Akar Rumput Dalam Perlindungan Kawasan Hutan Jawa Barat - El Jabar

Memperkuat Komunitas Akar Rumput Dalam Perlindungan Kawasan Hutan Jawa Barat

BANDUNG, elJabar.com — Dalam rangka melindungi kawasan hutan yang rusak, Ketua BP Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat, Dedi Kurniawan menyerukan kepada  para Koordinator Wilayah dan para kader, Komunitas Pencinta Alam serta Lingkungan agar melakukan pola-pola penguatan akar rumput, dengan skema pemulihan kawasan, memperkuat kawasan genting melalui penguatan fungsi kawasan.

“Dan mempertahankan kawasan hutan lestari dengan penjagaan dan pengelolaan konservasi, agar dapat menghasilkan benefit ekologi,” demikian disampaikan Dedi Kurniawan, saat memperingati ultah ke-26 FK3I Jabar, Selasa (22/09/2020).

Ketua BP Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat, Dedi Kurniawan.

Menghasilkan udara bersih, air yang berlimpah serta terjaganya tatanan ekosistem kawasan agar terhindar dari bencana ekologi, menurut Dedi Kurniawan, jauh lebih bernilai dibanding ekonomi versi kapitalis yang hanya memanfaatkan hutan untuk kepentingan ekonomi semata, yang tidak berlandaskan pada kaidah-kaidah konservasi.

Kaidah-kaidah konservasi modern yang telah sejak dulu ada sebagai budaya nenek moyang kita dalam pengelolan hutan, menurut Dedi Kurniawan, tertuang dalam ajaran budaya yang harus dijadikan perilaku kita terhadap kawasan melalui konsep atau ajaran leluhur dengan kaidah PATANJALA.

Momentum ultah FK3I Jabar, ditegaskan Dedi Kurniawan, tentunya akan dijadikan ajang untuk terus melakukan edukasi dan kampanye oleh jajarannya bersama-sama jaringan dan komunitas dalam rangka penyadartahuan terhadap semua lapisan masyarakat.

“Advokasi kebijakan yang tidak sesuai dengan kaidah lingkungan akan terus ditingkatkan, serta perbaikan manajerial tubuh organisasi, setiap saat terus akan kami benahi,”ujarnya.

Sikap FK3I sendiri dalam menjaga lingkungan ditegaskan Dedi Kurniawan, akan siap berkoloborasi jika memungkinkan dan akan berseberangan jika sudah seharusnya, terhadap kebijakan pemerintah.

FK3I Jawa Barat akan  terus melakukan skema terbaik bagi kawasan sebagai tempat bernaung dan kekayaan bagi kehidupan panjang manusia. Hal ini tentunya dilakukan dalam upaya memberdayakan masyarakat sekitar hutan, agar terjamin kesejahteraannya dengan tidak melepaskan dan abai akan kelestariannya.

“Wajib memperlakukan kawasan sesuai fungsi pokok kawasan. Di tengah kebijakan yang sangat tidak berpihak terhadap terjaganya kawasan, kita akan tetap terus meneriakan Salam Lestari Sampai Mati, serta mengimplementasikannya pada pola hidup para kader. Serta tetap menolak RUU Omnibuslaw,” pungkasnya. (muis)

Categories: Regional