Mencegah Penyebaran Virus Covid-19, Bupati Pamekasan Resmikan Pasar Tangguh Bencana – El Jabar

Mencegah Penyebaran Virus Covid-19, Bupati Pamekasan Resmikan Pasar Tangguh Bencana

PAMEKASAN, eljabar.com – Kembali, strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dalam memerangi pandemi Covid-19 diresmikan.

Kali ini, strategi tersebut diberi nama Pasar Tangguh Bencana (Pastana) dan diresmikan langsung oleh Bupati Pamekasan Badrut Tamam, Kamis (09/09/2021).

Dua pasar tradisonal milik Pemkab Pamekasan, yakni Pasar Kolpajung dan Pasar 17 Agustus didapuk menjadi pilot project pelaksanaan Pastana.

Dalam peresmian Pastana tersebut Bupati Pamekasan bersama Forkopimda juga memberikan bantuan sosial kepada para pedagang pasar.

Dalam sambutannya Baddrut Tamam menyampaikan agar masyarakat yang hendak ke pasar dan para pedagang tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dengan menggunakan masker.

Sebelum memasuki pasar, baik masyarakat dan pedagang pasar diwajibkan mencuci tangan dan melewati bilik disinfektan yang telah disediakan oleh Pastana.

Hal ini dimaksudkan agar kegiatan jual beli dan aktivitas pasar lainnya bisa berjalan sebagaimana mestinya, namun penyebaran virus Covid-19 fapat ditekan dan dikendalikan hingga herd immunity di klaster pasar terbentuk.

“Kenapa pasar tangguh ini kita laksanakan, karena kita ingin pandemi ini berkurang dan ekonomi tetap tumbuh. Kalau pandemi ini tidak segera hilang, apalagi penyebarannya masif, maka memungkinkan akan ada pelambatan ekonomi,” kata Badrut Tamam. Kamis (09/09/2021).

Badrut Tamam juga menjelaskan bahwa Pemkab Pamekasan bersama Forkopimda akan terus merancang cara dan strategi guna menjaga perekonomian di pasar-pasar tradisional tetap tumbuh, namun hal itu harus disertai dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Jadi, kesehatan masyarakat terjaga dan berjalan secara simultan dengan ekonomi masyarakat. Kesehatan membaik, perekonomian juga semakin baik,” tukas Badrut.

Setelah meresmikan Pastana, Bupat Pamekasan juga menyaksikan pelaksanaan vaksinasi kepada pedagang dan pengunjung pasar.
Masyarakat tampak antusias mengikuti vaksinasi tersebut, bahkan tak sedikit dari mereka rela mengantri sejak sebelum acara peresmian Pastana dimulai.

Launching Pastana dimulai dari Passr Kolpajung dan dilanjtkan di Pasar 17 Agustus Pamekasan. Pasar Tangguh Bencana merupakan pasar yang menerapkan protokol kesehatan, baik kepada pedagang dan pengunjung pasar.

Sebelum memasuki area pasar, pedagang dan pengunjung pasar diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan oleh petugas, kemudian melewati bilik disinfektan di pintu utama pasar.

Selain itu, pedagang serta pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan tidak berkerumun, apalagi di kerumunan tersebut masyarakat tidak menggunakan masker. (idrus)

Categories: Nasional