Menpan-RB Lirik Program Sumedang Public Service and Digital Explore - El Jabar

Menpan-RB Lirik Program Sumedang Public Service and Digital Explore

SUMEDANG, eljabar.com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang untuk melihat lebih dekat terkait program “Sumedang Public Service and Digital Explore” pada tanggal 22 – 23 Februari 2021.

“Dalam kunjungannya, Menteri PAN RB melihat secara langsung terkait program-program yang dilaksanakan Sumedang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik melalui beberapa inovasi,” tuturnya.

Selain itu, Menteri PAN RB juga akan melakukan kunjungan di MPP untuk melihat secara langsung pelayanan umum, untuk melihat dan memantau beberapa titik kegiatan di Sumedang.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang sendiri telah meraih berbagai macam prestasi atas terobosan dan inovasi yang telah dilakukan, salah satunya adalah SAKIP Desa.

“SAKIP Desa ini yang juga dilengkapi dengan instrumen e-SAKIP Desa telah memperoleh penghargaan Innovative Government Inovatif (IGA) dari Kemendagri pada akhir 2020 lalu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Menpan RB berkesempatan mengunjungi role model Zona Integritas Desa, e-SAKIP Desa dan penanganan Stunting Berbasis Digital di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.

“Dalam rundown kunjungan kerja, setelah ke Makam Cut Nyak Dhien di Gunung Puyuh,  Menteri PAN RB juga akan melihat secara langsung tentang penerapan SAKIP Desa di Desa Sukajaya,” ucapnya.

Di hari yang sama, lanjut Kabag, menteri yang didampingi para deputi juga akan meninjau Command Center yang berada di lantai 3 Setda Kabupaten Sumedang sekaligus meresmikan penggunaannya.

“Command Centre ini adalah bukti keseriusan Kabupaten Sumedang yang telah mencanangkan diri sebagai Happy Digital Region,” katanya.

Di samping bisa memonitor melalui CCTV yang dipasang di tempat-tempat strategis, sambung Asep, Command Centre juga menyajikan segala data dan informasi yang diperlukan secara terintegrasi, termasuk informasi tentang kepegawaian yang disajikan dalam e-Office.

“Sesuai dengan namanya, jadi fungsi utama dari command centre ini adalah menyajikan data secara cepat dalan bentuk digitali sehingga mempermudah pengambilan kebijakan oleh pimpinan,” tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menpan RB juga berkesempatan mengunjungi Mal Pelayanan Publik dan Exploration Conversational Government serta meluncurkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Mal Maya. (Abas)

Categories: Nasional