Meresahkan, Diskominfo Kota Sukabumi Terus Counter Hoaks Bantuan PPKM Online – El Jabar

Meresahkan, Diskominfo Kota Sukabumi Terus Counter Hoaks Bantuan PPKM Online

SUKABUMI, eljabar.com — Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Sukabumi terus mencounter berita hoaks (bohong) yang beredar ataupun meresahkan masyarakat. Sepertihalnya belum lama ini, muncul berita hoaks terkait program bantuan yang sudah menyebar melalui aplikasi perpesanan whatsapp mengenai bantuan PPKM online.

Dari kabar bohong tersebut, mencantumkan nilai bantuan sebesar Rp300 ribu, disertai dengan tautan atau link yang disebut berisikan daftar penerima bantuan. Kenyataannya tautan tersebut mengarah kepada sebuah tampilan website palsu yang mengatasnamakan Kementerian Sosial.

“Untuk itu masyarakat harus waspada, tidak terpancing kabar hoaks yang menyebar melalui aplikasi perpesanan whatsapp,” ujar Kepalad Diskominfo Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi, Jumat, (6/8/2021).

Selian itu juga lanjut Yadi, beberap bulan kebelakang, pihaknya menemukan kabar hoaks yang mengatasnamakan Walikota Sukabumi. Setelah mendapatkan informasi, pihaknya langsung menginformasikan, bahwa berita yang mengatasnamakan Walikota itu hoaks.

“Setelah mendapatkan informasi dari Pak Walikota, dan berita itu bohong. Kami langsung menginformasikan itu lewat media sosial yang dimiliki Diskominfo. Diantaranya, media sosial IG, dan FB,” ujarnya.

Yadi mengingatkan, kepada seluruh masyarakat agar selalu bijak dalam menyikapi setiap kabar yang beredar, ataupun yang diterima  melalui berbagai platform digital. Hal itu  kata Yadi, agar terhindar dari kabar hoaks (bohong).

Apalagi dimasa pandemi Covid-19, serta diberlakukanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidka bertanggungjawab.

Untuk mengetahui kebenaran informasi, lanjut Yadi, bisa melalui dinas instansi terkait, atau lebih mudahnya bisa upload aplikasi Sukabumi Participated Responder (Super) yang di moderatori kominfo dan disampaikan ke dinas terkait.

“Jadi kalau ingin kepastian informasi, masyarakat bisa instal aplikasi Super yang dikelola oleh kami,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Regional