Modernisasi Jaringan Irigasi DI Rentang, Meningkatkan Produktifitas Lumbung Pangan Jawa Barat – El Jabar

Modernisasi Jaringan Irigasi DI Rentang, Meningkatkan Produktifitas Lumbung Pangan Jawa Barat

INDRAMAYU, eljabar.com — Daerah Irigasi (DI) Rentang yang dikembangkan sejak zaman Belanda, merupakan daerah irigasi terbessr kedua di Jawa Barat setelah DI Jatiluhur.

DI Rentang memiliki luas layanan irigasi yang mencapai 87.840 hektare dan tersebar di 3 daerah meliputi Cirebon seluas 20.571 hektare, Kabupaten Indramayu 66.175 hektare dan Kabupaten Majalengka seluas 1.094 hektare.

Sebelumnya, DI Rentang hanya menghasilkan sekira 351.360 ton gabah dalam satu kali musim tanam dengan asumsi produksi 4 ton per hektare.

Maka melalui Rentang Irrigation Modernization Project (RIMP) yang terdiri dari 9 paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi itu diharapkan akan meningkatkan intensitas tanam dari yang semula 130 persen menjadi 200 persen, sehingga hal ini akan meningkatkan produktifitas hasil tanam.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi dalam keterangannya yang dirilis di laman sda.pu.go.id menekankan agar pelaksanaan rehabilitasi besar jaringan irigasi Rentang bisa juga menyerap tenaga kerja dari sekitar lokasi pekerjaan.

Hal ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 sesuai Program Ekonomi Nasional (PEN) yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Selain itu, Ismail Widadi juga mengingatkan stake holder pelaksanaan RIMP untuk tetap menjaga kualitas hasil pekerjaan dan metode pekerjaan yang telah dicapai di tahun 2020 lalu, tetap dijaga pada pelaksanaan segmen-segmen pekerjaan yang akan diselesaikan pada tahun 2021.

“Sebab, proyek ini manfaatnya secara langsung untuk masyarakat sekitar,” ujar Ismail Widadi.

Semetara itu, penelusuran eljabar.com, Jum’at (27/08/2021), pekerjaan di lokasi LSS-04 terus menggeliat. Hingga memasuki akhir Agustus 2021, item-item pekerjaan pada saluran sekunder dan saluran pengelak satu per satu diselesaikan. (*wn)

 

Categories: Regional