Pelaksanaan Kegiatan Normalisasi Sungai Gurem Diawasi Ketat PPTK DPUPR Pamekasan – El Jabar

Pelaksanaan Kegiatan Normalisasi Sungai Gurem Diawasi Ketat PPTK DPUPR Pamekasan

PAMEKASAN, eljabar.com – Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DPUPR Pamekasan, Mudaffar turun langsung mengawasi kegiatan pengerukan sedimen dan tumpukan sampah di Sungai Gurem yang berada di jantung kota Pamekasan.

Kegiatan yang dilaksanakan di spot-spot yang urgen itu dilakukan sebagai upaya mengembalikan kapasitas aliran sungai menghadapi musim penghujan.

Mudaffar menerangkan bahwa pelaksanaan kegiatan normalisasi tersebut akan dilakukan sampai sedimentasi di sungai tersebut benar-benar terangkat dan dimensi sungai kembali sesuai dengan eksistingnya.

“Belum tahu kapan selesai pengerjaannya, yang jelas sampai sedimentasinya bersih,” terang Mudaffar.

Ia menambahkan bahwa normalisasi tersebut akan dilaksanakan di 8 titik lokasi secara bertahap. Pelaksanaannya akan diprioritaskan di titik-titik lokasi yang berpotensi mengganggu penampang dan aliran sungai.

Ini merupakan upaya dalam rangka mencegah potensi daya rusak air, melancarkan aliran sungai dari sumbatan sedimen dan sampah,” kata Mudaffar.

Dalam pelaksanaannya, pungkas Mudaffar, kegiatan normalisasi semua sungai di Pamekasan akan berkolaborasi dengan semua pihak, seperti dengan DLH, kelurahan, desa dan kecamatan di tiap wilayah.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai. (idrus)

Categories: Nasional