Pembangunan Jalan di Ruas Jalan PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur Tingkatkan Perekonomian – El Jabar

Pembangunan Jalan di Ruas Jalan PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur Tingkatkan Perekonomian

TUBAN, eljabar.com – Ruas jalan PPK 4.5 Provinsi yang melintasi daerah Lamongan Babat dan Tuban memiliki peran straegis dalam transportasi dan logistik.

Pengelolaan dan pengawasan ruas jalan yang berada di lingkup Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Timur tersebut menjadi prioritas pengananan agar faktor keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan tetap terjaga.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Timur, Nanang Permadi mengatakan bahwa tujuan dari penanganan jalan tersebut, selain menunjang faktor keamanan transportasi, hal itu juga akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional dan regional.

Ia menjelaskan bahwa penanganan jalan dan jembatan yang dilaksanakan di masing-masing ruas PPK Satuan Kerja Pelaksanaan Nasional Wilayah IV Jawa Timur, dimaksudkan agar kemantapan jalan terjaga secara kualitatif.

Hal di atas dikemukakan Nanang seusai melakukan pemantauan langsung pelaksanaan penanganan jalan dan jembatan di ruas PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur, Kamis (14/10/2021).

“Pembangunan jalan seperti yang ada di Lamongan ini akan memberikan manfaat besar bagi perekonomian dan bisa menstimulasi pembangunan di tingkat regional dan daerah,” kata Nanang yang disampaikan melalui aplikasi pesan, Sabtu (16/10/2021).

Ia menambahkan, penanganan jalan di ruas PPK 4.5 dilaksanakan secara multy years contract dengan total panjang penanganan mencapai 16 kilometer, meliputi overlay AC-WC dan AC-BC, penanganan drainase U-dicth serta pekerjaan pasangan batu. Di samping itu, pada tahun ini juga dilaksanakan penanganan jalan dengan rigid pavement sepanjang 3,5 kilometer.

Hingga memasuki pertengahan Oktober 2021, berdasarkan evaluasi, progres pekerjaan yang dicapai, menurut Nanang, di atas rata-rata target yang ditetapkan.

“Semua ruas di PJN Wilayah IV tidak ada yang progresnya minus dan pengerjaannya sesuai skedul yang direncanakan,” ujarnya kemudian.

Diharapkan, imbuhnya, pada akhir Desember 2021 seluruh penanganan jalan maupun jembatan di ruas PPK 4.5 sudah selesai 100 persen.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah dipasang selama proses penanganan jalan berlangsung.

“Pengguna jalan diharapkan berhati-hati selama kegiatan proyek berlangsung, dengan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” imbau Nanang.

Selain itu, ia juga meminta maaf kepada masyarakat dan pengguna jalan, sebab selama pekerjaan berlangsung perjalanan sedikit terganggu akibat aktivitas pekerjaan penanganan jalan.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh KBO Satlantas Polres Lamongan Iptu Asik. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap ekstra hati-hati dan bersabar jika menghadapi kemacetan akibat aktivitas proyek.

Satlantas Polres Lamongan telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas agar potensi kemacetan akibat aktivitas pekerjaan di median jalan poros pantura tersebut dapat diurai dan ditekan. (*wn/andi)

 

 

 

Categories: Nasional