Pemberian e-KTP Bagi Kaum Pelangi – El Jabar

Pemberian e-KTP Bagi Kaum Pelangi

Wina Winarni Gustini, S.Ip.

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi dan sejumlah daerah lain sudah siap memberikan pelayanan perekaman KTP Elektronik bagi transgender atau kaum pelangi. Pelayanan bagi kaum pelangi atau transgender ini merujuk pada amanat Permendagri Nomor 96 Tahun 2019 yang menyatakan bahwa kewajiban negara yakni memberikan identitas kepada seluruh penduduk di Indonesia baik WNI maupun WNA yang memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), (jabarekspres.com, 29/9/2021).

Tentu saja, kaum pelangi ini semakin mendapatkan angin segar seiring dengan pengakuan keberadaan mereka secara legal formal melalui pemberian E-KTP dan proses pengadilan yang memfasilitasi perubahan kelamin. Alasan HAM menjadi dalih keputusan pemerintah ini.

Melihat fenomena ini, kita dapat melihat bahwa keberadaan orang-orang dengan penyimpangan gender ini ternyata memang mendapat pengakuan. Walaupun secara data kependudukan mereka harus mencantumkan salah satu jenis kelamin saja (laki-laki/perempuan), tapi ketika layanan khusus transgender disediakan, ini membuktikan bahwa eksistensi mereka diakui.

Sejatinya, pengakuan keberadaan mereka oleh negara semakin mengukuhkan posisi negeri ini. Bahkan negeri ini menuju pada penerapan liberalisasi ala Barat secara menyeluruh dengan menerapan aqidah sekulerismenya. Maka tak heran berbagai upaya dilakukan untuk mengokohkan sekulerisme ini.

Transgender, elgebete atau apapun namanya adalah sebuah perilaku menyimpang yang hukumnya sudah sangat jelas dalam Islam yaitu haram. Untuk itu tidak boleh ada pemakluman apalagi pengakuan kepada eksistensi mereka. Umat harus menolak setiap upaya melegalkan keberadaannya, termasuk ide yang menaunginya yaitu sekulerisme liberal.

Wallahu’alam bishawwab

Penulis adalah Wina Winarni Gustini, S.Ip dari Kabupaten Bandung Barat

Categories: Kronik