Pemerintah Kabupaten Sumedang Jalin Kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial/SMF (Persero) Dalam Menyediakan Homestay – El Jabar

Pemerintah Kabupaten Sumedang Jalin Kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial/SMF (Persero) Dalam Menyediakan Homestay

Sumedang,eljabar.com — Untuk mendorong sektor pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Sumedang, Pemerintah Kabupaten Sumedang menjalin kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial/SMF (Persero) dalam menyediakan homestay di kawasan wisata.

PT SMF Persero sendiri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pembinaan dan pengawasan Kementerian Keuangan RI yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh pihak SMF dan Bumdes Simpati Wargi Desa Sukajaya dengan disaksikan oleh Dirut PT. SMF Persero Anantha Wiyogo, Direktur Operasional & Keuangan PT. SMF Persero Trisnadi Yulrisman, Sekjen Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) Yanti, Kadisparbudpora Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa, Kabid Bumdes DPMD Sumedang Afizal, Camat Sumedang Selatan Syarif Effendi Badar, serta Kepala Desa Sukajaya Nenden Dewi Raspati dan jajarannya.

Dirut PT SMF Persero Anantha Wiyogo menyebutkan, rencananya homestay tersebut akan dibangun di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan dengan biaya sebesar Rp. 600 juta.

“Homestay ini juga merupakan implementasi dari upaya SMF dalam meningkatkan pembiayaan perumahan. Kami akan menyediakan empat homestay di Desa Sukajaya,” jelasnya.

Ditambahkan Anantha, homestay diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong bergeraknya sektor pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Sumedang.

“Akhir tahun kami harapkan homestay ini akan berdiri sehingga pertumbuhan ekonomi akan dirasakan oleh masyarakat, terutama di Desa Sukajaya,” ujarnya.

Sementara itu menurut Sekda, kerja sama ini sebagai tindak lanjut atas kesepakatan bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan PT. SMF (persero) tentang Pengembangan Pariwisata Daerah di Kabupaten Sumedang.

Herman menyebutkan, pembangunan homestay menjadi salah satu langkah terobosan di sektor pariwisata dalam situasi pandemi

“Mudah-mudahan ini salah satu ikhtiar kita dengan melakukan lompatan-lompatan dalam situasi pandemi, termasuk dengan adanya homestay ini,” imbuhnya.

Senada dengan Dirut PT SMF, Sekda mengharapkan keberadaan homestay mampu mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Sumedang khususnya di Desa Sukajaya, juga berharap dapat terus bekerja sama dalam bentuk lainnya.

“Saya juga harapkan kerjasama ini tidak hanya untuk homestay saja, melainkan banyak lagi kerja sama yang bisa terjalin dengan pihak SMF sehingga nanti hasilnya bisa dirasakan oleh masyakat, ” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional