Pemkab Sumedang Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 Secara Virtual - El Jabar

Pemkab Sumedang Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 Secara Virtual

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, unsur Forkopimda, dan Sekretaris Daerah Herman Suryatman mengikuti Upacara Peringatan ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (17/08/2020).

Selain diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Sumedang di Pendopo IPP Setda, upacara juga diikuti oleh setiap dinas, kantor, badan dan lembaga yang berada di wilayah Sumedang secara virtual di kantor masing-masing.

Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. Sedangkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas membacakan Teks Proklamasi.

Pada pukul 10.17 s.d. 10 20 WIB para peserta upacara berdiri tegap saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya. Begitu juga masyarakat di luar lokasi upacara juga diharuskan menghentikan aktivitas mereka sejenak selama tiga menit kecuali aktivitas yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain jika dihentikan.

Usai mengikuti upacara Bupati mengatakan, HUT RI ke-75 ini merupakan sejarah baru bagi bangsa Indonesia karena dilaksanakan dalam suasana Pandemi.

“Tentunya ini merupakan sejarah baru sekaligus kebiasaan baru. Dalam masa AKB, kita masih khidmat melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 75,” ucapnya.

Menurut bupati, meskipun pelaksanaan kegiatan peringatan di tengah-tengah Pandemi Covid-19, namun tidak menurunkan semangat serta tetap khidmat dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Hikmahnya bagi kita bahwa makna kemerdekaan sekarang harus dijadikan sebuah momentum untuk lebih semangat lagi berjuang, merdeka dari Covid-19 dan terus berkarya bagi bangsa dan negara kita,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan