Pemkab Sumedang Kembali Rapat Evaluasi Penerapan AKB - El Jabar

Pemkab Sumedang Kembali Rapat Evaluasi Penerapan AKB

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali melakukan Rapat Evaluasi Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Posko Gugus Tugas Pendopo IPP, Selasa (18/08/2020).

Rapat yang dipimpin oleh Bupati Dony Ahmad Munir selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sumedang tersebut membahas tentang perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sumedang dimana jumlah yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumedang berjumlah 41 orang dengan rincian 37 orang melakukan isolasi mandiri dan 4 orang dirawat di RSUD.

“Sebelas kecamatan di Sumedang tidak ada kasus Covid-19. Artinya 15 kecamatan memiliki keterkaitan kasus Covid-19,” ujarnya.

Dikatakan bupati, lonjakan kasus positif Covid-19 disebabkan Pemkab Sumedang terus melakukan tes swab yang begitu masif.

“Jika sejak dini kita mengetahui kasus, maka bisa kita tangani dan kendalikan sejak dini. Jadi menurut kami, tes PCR ini merupakan sebuah keberhasilan,” ucapnya.

Bupati pun meminta seluruh perangkat daerah dan masyarakat untuk menyiapkan langkah-langkah yang luar biasa dalam menghadapi lonjakan kasus tersebut.

“Saya menugaskan seluruh SKPD untuk menjadi dalam tanda kutip Dinkes, Pol PP, Kominfo, dan Humas. Efektifkan zoom meeting untuk mengurangi pertemuan yang melibatkan banyak orang,” tuturnya.

Selain itu, kepada ASN yang memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta agar tidak mendatangi tempat-tempat umum dan diperbolehkan melakukan WFH.

“Pastikan Satgas internal di tiap SKPD untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara benar. Sedangkan untuk Satgas ekaternalnya agar mengecek protokol kesehatan ke tempat-tempat yang menjadi sasarannya masing-masinh seperti industri, pasar, tempat wisata, terminal, dan lainnya. Selanjutnya secepatnya terapkan sosialisasi, edukasi, dan sanksi,” katanya.

Bupati juga meminta kepada para camat agar menyiapkan tempat isolasi mandiri di tiap-tiap kecamatan dan mengaktifkan kembali Gugus Tugas Desa.

“Kita akan menghadapi long weekend. Jadi kami minta Gugus Tugas Desa bisa diefektifkan kembali. Selain itu, kami juga minta Dinkes agar menyiapkan tim pemantau khusus untuk isolasi mandiri,” ucapnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, Pemkab Sumedang saat ini telah melaksanakan 5.800 tes PCR dan 7.500 tes rapid sehingga totalnya 13.300.

“Jangan hanya melihat dari jumlah kasus, tapi dilihat juga tracingnya. Tetap tenang tetapi harus waspada,” ucapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan