Pemkab Sumedang Meraih Peringkat Kedua Se-Indonesia Dalam Program Pengendalian Gratifikasi – El Jabar

Pemkab Sumedang Meraih Peringkat Kedua Se-Indonesia Dalam Program Pengendalian Gratifikasi

Sumedang, eljabar. Com — Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih peringkat kedua se-Indonesia dalam Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) di Triwulan III 2021 untuk kategori Pemerintah Daerah dengan meraih nilai penuh yakni 100.

Penilaian itu merupakan hasil monitoring dan evaluasi implementasi PPG yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indionesia.

Selain kepada Pemerintah Daerah, KPK juga melakukan penilaian untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Lembaga Negara.

Untuk kategori Pemerintah Daerah, peringkat pertama diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan posisi ketiga oleh Kabupaten Banyumas yang diikuti oleh Provinsi Banten, Kabupaten Boyolali, Kota Palangka Raya, KabupatenJombang, Kabupaten Lampung Barat dan seterusnya.

“Alhamdulillah untuk kategori Pemerintah Daerah, Kabupaten Sumedang memperoleh nilai 100 dan berada di urutan kedua setelah sebelumnya di urutan kelima pada Triwulan II,” ujar Inspektur Kabupaten Sumedang Nasam.

Nasam menambahkan, kali ini Kabupaten Sumedang meraih poin penuh di setiap komponen penilaian. Artinya masing-masing meraih angka 100.

“Ada 12 komponen yang dinilai yaitu Aturan, SK UPG, GOL UPG, Diseminasi, e-Learning, Sosialisasi, Bimtek, Titik Rawan, Mitigasi Risiko, Stkeholder, Pelaporan dan Penanganan Pelaporan. Semuanya kita dapat poin 100,” tuturnya.

Ia berharap prestasi tersebut bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga Kabupaten Sumedang dapat meraih penghargaan PPG terbaik yang akan diumumkan pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia pada 9 Desember 2021 nanti.

“Pengumuman PPG Terbaik harus menunggu hasil penilaian Triwulan IV. Mudah-mudahan di Triwulan IV hasilnya sempurna,” katanya.

Untuk mengetahui perkembangan pengendalian gratifikasi di instansi pemerintahan di Indonesia, Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik melakukan kegiatan Monev implementasi PPG empat kali setiap tahunnya.

PPG sendiri merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan korupsi dengan menciptakan suatu lingkungan dan sistem yang mampu mencegah terjadinya penerimaan gratifikasi ilegal serta menumbuhkan budaya anti gratifikasi.(abas)

Categories: Regional