Pemkot Sukabumi akan Tender Ulang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum - El Jabar

Pemkot Sukabumi akan Tender Ulang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum

SUKABUMI, eljabar.com — Panitia Pemilihan Mitra Kerjasama Pemanfaatan (KSP) pengelolaan parkir tepi jalan umum di Kota Sukabumi, segera akan menjadwalkan tender ulang terkait pengelolaan parkir. Hal itu dikarenakan, dari 11 perusahaan yang sudah mendaftar dinyatakan tidak lolos atau tidak memenuhi peryaratan kualifikasi.

“Dari 11 perusahaan yang daftar, enam diantarnya yang mengembalikan dokumen di batas akhir penyerahan per 14 agustus kemarin. Di hari yang sama juga kita lakukan berita acara pembukaan dokumen yang dihadiri oleh dua perusahaan. Kemduian tanggal 24 agutus kita buat pengumuman, dan hasilnya tidak ada satupun perusahaan yang lolos atau memenuhi peryaratan kaulifikasi,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Badan Hukum Mitra Pemanfaatan KSP Pengelolaan Parkir Tepi Jalan, Novian Restiadi, Selasa (01/09/2020).

Novian mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan diskusi evaluasi terkait persyaratan di dokumen prakualifikasi tersebut. Artinya, apakah perlu disesuaikan atau memang dokumen tersebut ternyata dari sisi kualifikasi memberatkan peserta.

“Jadi sebelum dilakukan tender ulang, kita akan lakukan evaluasi dulu terkait persyaratan. Karena, perusahaan-perusahaan yang tidak lolos itu terkait dengan persyaratan pengalaman mengelola parkir minimal 50 ruas jalan,” ungkapnya.

Tapi, lanjut Novian, langkah evaluasi persyaratan bisa saja tidak dilakukan atau masih dengan menggunakan perysratan yang ada, dengan mencoba cari informasi perusahaan lain yang memang sudah memiliki pengalaman, dan kalau memang banyak perusahaan yang dimaksud, perubahan persyaratan tidak usah dilakukan.

Atau, tambah Novian, dengan cara pemberitahuan atau pengumuman secara luas atau waktu yang lama di media.

“Jadi bisa saja dievaluasi atau tetap persyaratanya. Makanya kita saat ini kita tengah diskusi. Karena, yang dievaluais bukan hanya dokumen prakualifikasi saja, tapi kerangka acuan kerja (KAK) nya juga harus dilakukan. Sebab, antara tim seleksi dan tim KAK itu berbeda,” terangnya.

Meksipun nanti akan dilakukan tender ulang, tapi pihaknya berharap proses kerjasama pemanfaatan atau pengelola parkir oleh pihak ketiga ini bisa tuntas di akhir tahun ini. Sehingga tidak nyebrang ke tahun depan.

“Dengan waktu yang tersisa sekitar empat bulan ini, langklah tender ulang yang akan dilakukan nanti setidkanya bisa menghasilkan perusahaan yang akan mengelola parkir di Kota Sukabumi nanti,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Regional