Pengelolaan 4 Politeknik Negeri di Jawa Timur Diserahterimakan – El Jabar

Pengelolaan 4 Politeknik Negeri di Jawa Timur Diserahterimakan

SURABAYA, eljabar.com – Pengelolaan empat Politeknik Negeri di Jawa Timur yang telah selesai dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur diserahterimakan.

Penyerahan tersebut diwakili oleh Kepala Satuan Kerja Wilayah I Deni Kumara serta Kepala Satuan Kerja Wilayah II Farid Dibyo Mayangkoro dan diterima oleh 4 direktur Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Madiun, Selasa (07/09/2021).

Acara serahterima itu juga disaksikan langsung oleh Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo, Direktur Prsarana Strategis Iwan Suprijanto dan Kepala BPPW Jawa Timur M. Reva Sastrodiningrat.

Selain dari Kementerian PUPR, penyerahan pengelolaan aset tersebut juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sakarinyo dan Walikota Madiun Maidi.

Acara tersebut dilaksanakan secara langsung maupun secara virtual, bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Ponorogo dan Blitar yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan bahwa pembangunan 4 Politeknik Negeri di Provinsi Jawa Timur merupakan implementasi dari visi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mendukung kualitas SDN yang berkualitas dan maju.

Wempi juga menambahkan bahwa kemajuan sebuah negeri tergantung pada dua aspek yang dapat berjalan bersama, yaitu pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia.

“Membangun infrastruktur itu penting, tapi tidak kalah penting juga membangun sumber daya manusia untuk mencapai kemajuan bangsa,” terang Wempi.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Iwan Suprijanto menjelaskan, pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan 4 Politeknik di Jawa Timur telah selesai pembangunannya.

“Pembangunan Poltek Negeri tersebut dikerjakan Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya merupakan amanah dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019,” kata Iwan.

Ia menambahkan pembangunan fasilitas pendidikan Politeknik Negeri Madiun meliputi Gedung Administrasi Bisnis 2 dan Gedung Jurusan Komputer Akuntansi dengan anggaran APBN sebesar Rp 40,2 miliar.

Sedangkan anggaran APBN untuk pembangunan Gedung Kuliah Prodi Teknik Mesin Alat Berat Politeknik Negeri Madura sebesar Rp29,9 miliar.

Kemudian dukungan infrastruktur pendidikan Politeknik Negeri Malang dengan anggaran APBN sebesar Rp135,9 miliar. Selanjutnya dukungan infrastruktur pendidikan untuk Politeknik Negeri Jember dengan anggaran APBN Rp37, 2 miliar.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia butuh SDM vokasi dalam jumlah besar dan berkualitas.

“Dunia kini sudah berubah, jika kualitas sumber daya manusia tidak dipersiapkan dengan baik, Indonesia akan tertinggal dalam perubahan dunia tersebut,” pungkas Wikan.

Perlu diketahui, total anggaran proyek pembangunan Politeknik Negeri di Jawa Timur Total mencapai Rp240 miliar.

Proyek ini merupakan tindaklanjut dari Perpres Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (*wn/and)

Categories: Nasional