Percepatan Pemulihan Pasca Erupsi Semeru, DPU Bina Marga Jatim Siapkan Jalur Alternatif Lumajang-Malang – El Jabar

Percepatan Pemulihan Pasca Erupsi Semeru, DPU Bina Marga Jatim Siapkan Jalur Alternatif Lumajang-Malang

LUMAJANG, eljabar.com – Pemerintah terus bekerja keras dan melakukan berbagai upaya guna mempercepat pemulihan pasca erupsi Gunung Semeru, tak terkecuali pemulihan sektor infrastruktur.

Salah satu dari upaya tersebut adalah mewujudkan jalur alternatif antara Kabupaten Lumajang-Malang. Jalur akan dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Jawa Timur Bali selama enam bulan kedepan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Edy Tambeng Widjaja, saat ditemui disela kegiatan survey jalur alternatif Lumajang-Malang, Rabu (05/01/2022).

Edy menegaskan, jalur alternatif tersebut sangat vital guna menghubungkan Lumajang-Malang. Pasalnya, Jembatan Gladak Perak yang berfungsi sebagai jalur utama penghubung Lumajang-Malang, telah putus akibat aliran awan panas saat erupsi Gunung Semeru.

“Jadi, hari ini kita melaksanakan survey guna melihat kesiapan jalur alternatif terhadap jalur antara Lumajang-Malang. Kami berharap jalur alternatif ini bisa segera selesai, dan ini sesuai perintah ibu Gubernur dalam waktu enam bulan ini sudah bisa kita lalui,” tegasnya.

Selanjutnya Edy menjelaskan, pembangunan jalur alternatif Lumajang-Malang ini memiliki panjang penanganan sekitar 2 kilometer. Pembangunan tersebut juga dikerjakan secara simultan bersamaan dengan pembangunan jembatan permanen yang merupakan pengganti Jembatan Gladak Perak.

“Jadi nantinya antara Lumajang-Malang sudah ada jalur alternatif sambil menunggu jembatan yang permanen di Gladak Perak selesai. Jalan yang sekarang putus itu yang harus kita selesaikan, termasuk jalan-jalan yang rusak juga harus kita perbaiki. Kurang lebih sekitar dua kilometer yang di sekitar yang rusak tadi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam survey kali ini, Kepala DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur itu, didampingi oleh para kepala bidang di lingkup DPU Bina Marga Jatim. (bm_news)

Categories: Nasional