Peresmian Bendungan Tugu Mundur, Pengamanan Tetap Intens Dilakukan – El Jabar

Peresmian Bendungan Tugu Mundur, Pengamanan Tetap Intens Dilakukan

TRENGGALEK, eljabar.com – Menjelang peresmian Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek oleh Presiden Joko Widodo, Polres Trenggalek terkait mulai intens melakukan gladi kotor pengamanan.

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiyasi Wiyatputra yang memimpin langsung peninjauan ke lokasi peresmian mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola bendungan.

Sejumlah 900 personil yang akan disiagakan untuk pengamanan saat salah satu proyek strategis nasional tersebut diresmikan nanti.

“Secara umum situasi di Trenggalek aman dan peresmian Bendungan Tugu sudah siap dilakukan,” ujar Dwi, Rabu (24/11/2021).

Dwi menambahkan, ada beberapa kondisi jalan yang berpotensi kemacetan. Untuk mengantisipasi hal itu pihaknya dan pihak terkait telah menyiapkan strategi pengananan lalu lintas.

Sejauh kondisi Bendungan Tugu yang berada di Desa Ngelinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek dalam keadaan aman dan normal.

“Hari ini kami bersama jajaran pejabat utama Polres Trenggalek melakukan penyisiran, pengecekan rute, material dan objek pengamanan rencana peresmian Bendungan Tugu,” imbuh Dwi.

Sementara itu, hujan dengan intensitas tinggi akhir-akhir ini juga telah diantisipasi oleh pengelola bendungan. Hal ini dilakukan agar fenomena La Nina yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan banjir bandang bisa dikendalikan.

PPK Bendungan III Yudha Tantra Ahmadi menjelaskan, untuk mengantisipasi fenomena La Nina tersebut pihaknya telah menurunkan elevasi tampungan bendungan.

“Sesuai intruksi Bapak Dirjen SDA kami pertahankan elevasi genangan pada 215 meter dengan volume 2,6 juta meter kubik,” ujar Yudha.

Menurut Yudha elevasi maksimum Bendungan Tugu setinggi 245 meter maka akan ada sisa kedalaman tampungan sebesar 30 meter dengan volume waduk 6,7 juta meter kubik.

“Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi La Nina,” terangnya.

Sedangkan terkait peresmian Bendungan Tugu sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. PPID Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas di Wiyung, Surabaya, juga masih belum menerima informasi.

Hal serupa juga dikemukakan oleh PPK Bendungan III BBWS Brantas Yudha Tantra Ahmadi. Melalui pesan singkat yang disampaikan, Yudha menerangkan bahwa pihaknya belum mendapat informasi pasti waktu pelaksanaan peresmian Bendungan Tugu.

“Kami masih menunggu dari pemerintah pusat,” ujar Yudha, Rabu (24/11/2021).

Selain itu Yudha menambahkan, pembangunan Bendungan Tugu telah selesai 100 persen. Seperti bendungan proyek stategis nasional lainnya, peresmian Bendungan Tugu akan dilakukan oleh Kepala Negara.

Rencananya bendungan ini akan diresmikan pada bulan ini. Namun renacana persemian tersebut kemungkinan akan mundur. (*wn)

 

 

Categories: Nasional