Peringatan HUT Ke-39, Satpam harus Mampu Mendeteksi Setiap Potensi Kerawanan - El Jabar

Peringatan HUT Ke-39, Satpam harus Mampu Mendeteksi Setiap Potensi Kerawanan

SUMEDANG, eljabar.com — Satuan Pengamanan (Satpam) diharapkan senantiasa meningkatkan kompetensi diri serta membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, Polri dan pemerintah daerah dalam memelihara stabilitas  keamanan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan pada saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT Satpam ke-39 Tahun 2019 bertempat di Lapangan Upacara Polres Sumedang, Senin (30/12/2019).

Dikatakan Wabup lebih lanjut, Satpam memiliki peran strategis baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu usaha Pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

“Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut semakin profesional,” ujar Wabup.

Dalam implementasinya, personal Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat serta melaporkan kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Oleh karena itu, eksistensi satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, diantaranya proses perekrutan yang selektif serta pemingkatan kapasitas yang berkualitas baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya maupun Gada Utama,” imbuhnya.

Wabup juga mengucapkan selamat Ulang Tahun ke 39 kepada seluruh personel satuan pengamanan.

“Saya berharap momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula Pemotongan Tumpeng oleh Wakil Bupati Sumedang didampingi Unsur Forkopimda yang diberikan kepada perwakilan Satpam Kabupaten Sumedang dilanjutkan dengan pembagian Sembako dari Baznas Kabupaten  Sumedang kepada perwakilan tukang becak Sumedang. (Abas)

Categories: Regional