Peringati Hari Tani Nasional, Presiden PKS Membeli Garam dari Petani Pamekasan – El Jabar

Peringati Hari Tani Nasional, Presiden PKS Membeli Garam dari Petani Pamekasan

PAMEKASAN, eljabar.com – Peringatan Hari Tani Nasional 2021 diperingati Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan menggelar pertemuan dengan petani garam di Pamekasan.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di lahan garam rakyat yang berada di Desa Konang, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasa, Madura, Jawa Timur, Jum’at (24/09/2021).

Dengan mengenakan baju adat Madura, yaitu Pesak, Presiden PKS H. Ahmad Syaikhu turun langsung menemui petani garam dan sekaligus memborong garap siap jual.

Selain melihat langsung proses pembuatan garam di tambak-tambak garam milik warga setempat, Syaikhu juga memberikan bantuan 400 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Bahkan, garam yang dibeli langsung dari petani tersebut nantinya akan disalurkan kembali kepada masyarakat.

Syaikhu mengaku kedatangannya ke Pulau Madura selama 2 hari saat Hari Tani Nasional tak lain untuk melihat langsung kondisi petani garam dan kondisi masyarakat secara umum.

Dari hasil kunjungan tersebut ia akan meminta Pemerintah, baik pusat dan pemerintah daerah, untuk memperhatikan petani garam.

Pemerintah harus membantu para petani garam tradisional atau garam rakyat, agar produksi dan penjualannya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani garam tradisional dan garam rakyat,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu kepada media, Jum’at (24/09/2021).

Ia menilai sebaiknya penjualan garam rakyat itu dikelola oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar pengelolaan garam nasional lebih berpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan petani.
Selanjutnya Syaikhu berjanji akan memperjuangkan nasib para petani garam tradisional melalui kader-kader PKS yang duduk di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota serta kepala daerah yang diusung oleh partai tersebut. (idrus)

Categories: Nasional