Petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan Asah Kemampuan Menembak di Mako Brimob Kompi 3A Polda Jatim – El Jabar

Petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan Asah Kemampuan Menembak di Mako Brimob Kompi 3A Polda Jatim

PAMEKASAN, eljabar.com — Sebanyak 18 petugas Lpas Kelas IIA Pamekasan mengikuti latihan menembak di Mako Brimob Kompi 3A Jalan Raya Nyalaran, Kecamatan Blumbungan, Pamekasan.

Selain latihan menembak, para petugas lapas tersebut juga mempelajari beberapa jenis senjata dan cara menggunakannya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur Krismono mengatakan bahwa latihan menembak tersebut dimaksudkan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan petugas lapas dalam menggunakan senjata api yang tersedia di lapas.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA pamekasan Hanafi yang memimpin langsung agenda latihan menembak tersebut diperuntukkan untuk membentuk mental petugas ketika menghadapi situasi genting.

Ia menuturkan, meski pun sudah dibekali latihan menembak, petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan dipastikan tidak akan menggunakan senjata api tersebut tanpa prosedur yang ditetapkan Kemenkumham.

“Latihan ini ditujukan agar petugas memiliki mental dan strategi yang baik dalam menghadapi situasi genting dengan tenang. Senjata yang dimiliki harus dimengerti cara penggunaannya dan cara merawatnya dengan baik. Senjata yang kita miliki ini, tidak mesti harus ditembakkan, bisa cukup untuk melumpuhkan saja,” ungkap Hanafi. Kamis (19/08/2021).

“Di Lapas itu tidak perlu dipersenjatai perorangan, tapi di tempat-tempat strategis seperti di pos bisa dipersenjatai. Dan untuk penanganan WBP yang berlaku anarkis penggunaan senjata api harus sesuai dengan prosedur serta digunakan untuk melumpuhkan, bukan untuk mematikan,” imbuhnya.

Latihan menembak tersebut diakui oleh akan bermanfaat dalam menjalankan tugas dan fungsi petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan. (idrus)

Categories: Olahraga