PLN (Persero) UID Jatim Sambung 1.250 Listrik Gratis di Sumenep – El Jabar

PLN (Persero) UID Jatim Sambung 1.250 Listrik Gratis di Sumenep

SUMENEP, eljabar.com – Sebanyak 1.250 rumah milik warga tidak mampu di Kabupaten Sumenep mendapat sambungan listrik gratis dalam rangka perayaan hari listrik nasional.

Sambungan listrik gratis tersebut secara simbolis digelar dalam penyerahan donasi PLN Charity Run and Ride 2021 yang diterima oleh Sekdakab Sumenep Edy Rasiadi di Desa Gunggung, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Senin (08/11/2021).
Edi mengatakan, kegiatan tersebut akan meningkatkan target elektrifikasi di Sumenep, baik yang berada di kepulauan maupun daratan.

Seperti diketahui, penyambungan listrik gratis di kabupaten paling timur di Pulau Madura itu menjadi prioritas PLN (Persero) UID Jatim.

Hal ini dijelaskan oleh SRM Perencanaan PLN (Persero) UID Jawa Timur Hadi Saputra didampingi Manajer PLN UP3 Pamekasan Miftahul Farqi Faris.

Menurut Miftahul, bantuan sambungan listrik gratis tersebut tersebar di beberapa wilayah kecamatan di Sumenep terdiri dari Kecamatan Ambunten sebanyak 300 sambungan, kota Sumenep 300, Kecamatan Raas 50, Pulau Kangean 400 dan Pulau Sepudi 200.

Sementara, PLN Mobile VCRR diikuti oleh 1.311 peserta di Jawa Timur dan berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 447.049.200,00. Sedangkan jumlah donasi bantuan listrik gratis untuk rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Sumenep sebesar Rp 906.876.000,00.

Selain itu, PLN juga hadir bersama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN untuk menyalurkan zakat rekan-rekan pegawai kepada 50 orang penerima manfaat dengan total senilai Rp 12.500.000,00.

Momentum Hari Listrik Nasional ke-76, PLN dan Pemerintah Kabupaten Sumenep khususnya berharap mampu menghadirkan terang kepada seluruh masyarakat.

Selain di Sumenep, PLN secara bertahap akan menyalurkan donasi PLN Mobile VCRR dalam bentuk sambung listrik gratis kepada masyarakat Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Pacitan, Ponorogo dan Jember dengan total 3.100 rumah tangga pra sejahtera.

Selain peningkatan kesejahteraan dengan adanya listrik, PLN Mobile VCRR juga akan meningkatkan rasio elektrifikasi desa belum berlistrik di Jawa Timur.

Salah seorang warga penerima bantuan sambung listrik gratis, Jumati mengaku senang menerima bantuan tersebut. Warga yang pekerjaannya memulung di terminal bis itu, kini telah dapat menikmati bantuan tersebut. Bahkan, selain rumahnya menjadi terang, rumah Jumati kini telah menjadi layak huni setelah direnovasi dari bantuan pemerintah. (idrus/ury)

Categories: Olahraga