Potensi Pariwisata Kawasan Bendungan Tugu Akan Dikembangkan Disbudpar Jatim – El Jabar

Potensi Pariwisata Kawasan Bendungan Tugu Akan Dikembangkan Disbudpar Jatim

TRENGGALEK,eljabar.com – Setelah proses penggenangan awal Bendungan Tugu dimulai minggu lalu, potensi pariwisata kawasan Bendungan Tugu akan dikelola dan dikembangkan oleh Disbudpar Jatim.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emili Elistianto Dardak saat mengunjungi Anjungan Cerdas Bendungan Tugu.

Emil mengatakan konsep pengelolaan pariwisata kawasan Bendungan Tugu akan dibicarakan dengan Pemkab Trenggalek dan pihak terkait lainnya.

“Kami senang progres Bendungan Tugu yang sudah impounding 21 September yang baru lalu,” kata Emil, Kamis (30/09/2021).

Ia juga mengaku Anjungan Cerdas yang akan diserahkan pengelolaannya ke Pemprov Jatim, view-nya memiliki nilai jual karena menghadap ke Bendungan Tugu. Selain terintegrasi, Anjungan Cerdas juga akan menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah selingkar Wilis.

Anjungan Cerdas yang tepat berada di sisi jalan nasional Ponorogo-Trenggalek, digadang-gadang memiliki potensi wisata yang akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan selingkar Wilis.

Peran Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menurut Emil juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya. Selain sebagai tuan rumah, Bupati Trenggalek yang akan menggerakkan masyarakat setempat menghidupkan Anjungan Cerdas.

Kunjungan Wakil Gubernur tersebut juga disertai oleh Widya Iswara Ahli Utama Kementerian PUPR yang sekaligus merupakan penggagas pembangunan Bendungan Tugu Achmad Hermanto Dardak serta Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrstruktur Wilayah Rezeki Peranginangin.

Seperti yang direncanakan, salah satu fungsi dari Bendungan Tugu adalah sebagai pariwisata. Konsep pembangunan yang terintegrasi dalam Pembangunan Selingkar Wilis.

Pembangunan Selingkar Wilis nantinya akan menghubungkan 13 wilayah Kabupaten/Kota yang tertuang dalam Perpres No. 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Turut mendampingi kunjungan Wakil Gubernur Jatim adalah Disbudpar dan Dinas Koperasi Provinsi Jatim. Tampak juga hadir dalam kunjungan tersebut PPK Bendungan III BBWS Brantas Yudha Tantra Ahmadi. (*wn)

 

Categories: Nasional