Program Saldo Nol Kas Mesjid DKM Jabal Nur Al-Islamiyah - El Jabar

Program Saldo Nol Kas Mesjid DKM Jabal Nur Al-Islamiyah

CIMAHI, elJabar.com — Baitul Maal Jabal Nur Al-Islamiyah adalah merupakan suatu unit kerja dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jabal Nur Al-Islamiyah yang beralamat di Perumahan Sanghyang Pancanaka Hill Kel. Cibeber Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi, dibentuk dan bekerja secara sukarela dan khusus menangani pengumpulan dan penyaluran zakat maal, melalui program yang disebut program saldo nol kas mesjid.

Program Saldo Nol Kas Mesjid DKM Jabal Nur Al IslaMekanisme kerja Baitul Maal Jabal Nur Al-Islamiyah secara umum meliputi 3 (tiga) tahap, yaitu pengumpulan zakat maal, pengadaan dan penyiapan bahan makanan pokok serta penyaluran.

Proses ini menurut Ketua DKM Jabar Nur Al-Islamiyah, Isnu Hajar Sulistyawan, diharapkan dapat dilakukan sesegera mungkin agar kebutuhan para mustahiq dapat terpenuhi.

“Untuk itu, maka telah ditentukan standar waktu maksimum setiap tahapan sebagai pedoman Baitul Maal dalam melaksanakan tugas,” jelas Isnu Hajar, kepada elJabar.com, usah acara lounching program di Kelurahan Cibeber, Kamis (08/04/2021).

Zakat maal akan disalurkan dalam bentuk bahan makanan pokok dan uang tunai. Untuk itu setiap bulan Pengurus Baitul Maal menurut Isna Hajar, akan selalu melakukan pengadaan. Sehingga bahan yang disampaikan dalam kondisi kualitas yang baik, sesuai kebutuhan para mustahiq.

Program Saldo 0 Kas Mesjid DKM Jabal Nur Al IslamProses pengadaan dan penyiapan ini dilakukan setiap tanggal 5-7 setiap bulannya. Selanjutnya barang hasil pengadaan akan dipaket dan disiapkan untuk dibagikan.

Tahap akhir dari proses penyaluran zakat maal, yakni pembagian paket bahan makanan dan uang tunai yang akan dilakukan setiap tanggal 7-10 setiap bulannya, kepada para mustahiq. Dan pada saat lounching pertama program ini, DKM Jabal Nur Al-Islamiyah menyalurkan paket kepada 100 orang warga DKM Jala Nur Al-Islamiyah dan sekitarnya.

“Semoga upaya ini membantu jama’ah untuk menunaikan. Kewajiban membayar zakat maal, karena kita menyadari bahwa Allah SWTmenitipkan harta dan rezeki kepada kita, tidak hanya untuk kita nikmati sendiri. Tapi Allah SWT ingin kita membantu siapapun yang kesusahan,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Cibeber, Cepy Rustiawan, saat lounching program tersebut di Aula Kelurahan Cibeber, menyambut positif program yang dilakukan oleh DKM Jabal Nur Al-Islamiyah-Cibeber. Cepy Rustiawan berharap program ini bisa diikuti oleh DKM lainnya.

“Mudah-mudahan yang lainnya bisa mengikuti. Inilah salah satu bukti riil konsep kehidupan ekonomi yang bisa berbagi dan menggali bersama, yang di implementasikan oleh warga pancanaka,” ujarnya, saat memberikan sambutan pada launching Program Saldo Nol Kas Mesjid Pengumpulan dan Penyaluran Zakat Maal, Kamis (08/04/2021). (MI)

Categories: Kronik