SAR Bandung, Sosialisasikan Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan – El Jabar

SAR Bandung, Sosialisasikan Pencarian dan Pertolongan di Gunung Hutan

BANDUNG,eljabar.com – Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) terus melaksanakan pemasyarakatan dan sosialisasi Pencarian dan Pertolongan/ Search and Rescue (SAR), salah satunya melalui konsep SAR Community.

Pada kesempatan ini Direktorat Bina Potensi bersama dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung melaksanakan SAR Community di Stikes Dharma Husada Bandung.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator Rencana dan Standardisasi, Suhardi, S.T.,MSi, Senin (8/11/2021) dan dihadiri oleh Ketua Stikes Dharma Husada, Pembina Stikes Dharma Husada, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung dan Pejabat di Lingkungan Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung.

Kegiatan SAR Community kali ini memberikan sosialisasi tentang kegiatan Pertolongan di Gunung Hutan. Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) , Senin – Rabu (8-10/11/2021). Pada hari pertama peserta akan dikenalkan dengan pengetahuan dasar tentang kegiatan pencarian dan pertolongan di gunung hutan. Kemudian akan dilakukan aplikasi di lapangan selama 2 (dua) hari di Panaruban, Sagalaherang, Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya Suhardi mengatakan bahwa program SAR Community ini merupakan program unggulan Basarnas untuk percepatan sosialisasi Pencarian dan Pertolongan kepada masyarakat. “Saat ini Basarnas menetapkan SAR berbasis komunitas (Community Based SAR) sebagai program unggulan quick wins sejak tahun 2019. Quick wins sendiri merupakan program percepatan untuk mengatasi/memenuhi tuntutan masyarakat terhadap program-rogram pembinaan dan pelayanan SAR. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan yang kita laksanakan pada kesempatan ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh pihak STIKES Dharma Husada Bandung. Dr. Hj. Suryani Soepardan, Dra.,M.M, Ketua Stikes Dharma Husada Bandung mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan sosialisasi atau pelatihan ini sangat bermanfaat bagi anggotanya.

“Saya berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, “ ungkapnya.

Acara pembukaan SAR Community ini kemudian ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Stikes Dharma Husada dengan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung.

Dalam kesempatan ini Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansah. S.sos berharap melalui kerjasama ini, aka nada ikatan secara professional dan emosional antara Kantor SAR Bandung dengan Stikes Dharma Husada Bandung.(abas)

Categories: Regional