Sasaran Vaksinasi Dosis Kedua BBWS Bengawan Solo Diperluas – El Jabar

Sasaran Vaksinasi Dosis Kedua BBWS Bengawan Solo Diperluas

SUKOHARJO, eljabar.com — Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) kembali melanjutkan program pemerintah dengan menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Pada vaksinasi dosis kedua itu tidak hanya menyasar pegawai BBWS Bengawan Solo namun juga keluarga dan kerabat dekat.

Hal ini dilakukan merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto, disela kegiatan peninjauan menyampaikan bahwa peserta vaksinasi kali ini merupakan lanjutan pegawai dan anggota keluarga Kementerian PUPR, salah satunya di lingkungan BBWS Bengawan Solo.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan vaksin pertama untuk keluarga besar BBWS Bengawan Solo beserta kerabatnya. Bagi yang belum vaksin, diharapkan segera divaksin karena hampir semua keluarga BBWS Bengawan Solo sudah divaksin dan yang belum merupakan yang terhambat karena Covid-19,” terang Agus. Jum’at, (13/08/2021).

“Terutama yang berada dalam satu tempat tinggal, dengan harapan pegawai maupun keluarga di BBWS Bengawan Solo bisa mencapai kekebalan kelompok,” imbuhnya.

Agus berharap dengan diberikannya vaksin dosis kedua ini akan memperkuat imunitas pegawai di lingkungan BBWS Bengawan Solo, terlebih dengan angka penyebaran Covid-19 yang sudah menunjukkan penurunan.

Vaksinasi di lingkungan BBWS Bengawan Solo tersebut diikuti oleh 222 peserta total dari pegawai dan keluarga pegawai BBWSBS.

Dalam pelaksaannya setiap peserta vaksin diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun. Pada tahap ini, pegawai yang akan divaksin dicek petugas terkait suhu dan tekanan darah. Jika sudah melewati keseluruhan tahapan itu, setiap peserta langsung disuntik vaksin Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua BBWS Bengawan Solo tersebut difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukoharjo di Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum Pekerjaan Rakyat (PUPR) melakukan vaksinasi tidak hanya untuk para pegawai semata, tetapi juga menyasar keluarga dan saudara terdekat dari pegawai PUPR.

Keikutsertaan segenap jajaran Kementerian PUPR dalam vaksinasi COVID-19 sekaligus merupakan bentuk partisipasi dalam program Pemerintah untuk mempercepat penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi selama lebih dari setahun.

“Harapan kedepannya setelah mendapat vaksinasi yang kedua, semoga pegawai maupun keluarga di BBWS Bengawan Solo bisa mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) terhadap Covid-19. Karena kita ketahui angka penyebaran Covid-19 sudah menurun, diharapkan dengan adanya vaksin kedua ini semua keluarga BBWS Bengawan Solo aman,” pungkas Agus mengakhiri penjelasannya. *red

Categories: Kronik