Satgas Sektor 21 Apresiasi Walatra Bangun TPS3R di Desa Raharja - El Jabar

Satgas Sektor 21 Apresiasi Walatra Bangun TPS3R di Desa Raharja

SUMEDANG, eljabar.com — Warga Dusun Cikandang, Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang segera miliki TPS 3R atau Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (mengurangi – menggunakan – daur ulang).

Hal tersebut terungkap saat Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang, dipimpin Serka Erik Krisyana bersama awak media meninjau lokasi pembuatan TPS 3R di  RT 02 RW 03, di Dusun Cikandang, Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Sumedang, Selasa (07/07/2020).

Menurut Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) WALATRA Ginarto Taryadi, lahan yang sudah disiapkan seluas 600 meter yang merupakan hibah dari seseorang. Namun yang akan dijadikan lokasi untuk pembangunan TPS3R tersebut sekitar tigaratus meter lebih, dan sisanya akan dihibahkan bagi pesantren terdekat.

“Insya Alloh pelaksanaanya akan kita mulai Sabtu depan pembersihan lahan, luasnya sekitar tigaratus meter.  Sisanya kita kolaborasikan dengan pesantren, sehingga pesantren kita libtkan untuk ikut mengelola,” terangnya.

Ginarto mengungkapkan, TPS3R yang akan dikelolanya tersebut mencakup tiga rukun warga (RW) di sekitar lokasi. Sementara untuk teknologi yang akan digunakan pihaknya sudah menjalin Kerjasama dengan dengan balai. Sedangkan untuk teknis pengolahanya, sebelum diserahkan ke TPS3R, sampah sudah dipilah oleh masyarakat dengan menggunakan Rosda sebagai pemilah, termasuk sarana pengangkutanya.

“Sementara ini kita prioritaskan dulu untuk tiga RW yaitu RW 03, 09 dan RW 10 atau sekitar 400 kepala keluarga (KK) dengan luasan sekitar duaratus meter. Dengan alat yang distandarkan oleh balai yaitu mesin pencacah kompos, mesin ayak dan mesin pres,” jelasnya.

Satgas Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang menyambut baik adanya rencana pembangunan TPS3R di Dusun Cikandang Ia berharap pelaksanaan pembuatan TPS 3R berjalan lancer.

“Harapan kita semuanya warga juga termasuk di dalamnya, pelaksanaan pembangunan TPS 3R dan sanimas Citarum harum itu segera dilaksanakan. Sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar,” harap Serka Erik Krisyana Dansubsektor 15 Sumedang.

Dikatakan Erik, TPS 3R yang dibangun di wilayah Subsektor 15 ada 12 lokasi yang berada di tiga kecamatan. Kecamatan Cimanggung, Pamulihan dan Tanjungsari. Sanimas ada 12 juga yang berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Cimanggung, dan Pamulihan.

“Alhamdulillah sementara ini apa yang telah kami kerjakan kurang lebih dari awal proses pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), KPP dan Perjanjian Kerja Sama (KPS) itu sudah dilaksanakan dan tidak ada masalah. Untuk kendala lahan juga tidak ada masalah. Malah ada sebagian warga yang menghibahkan lahannya dan ada juga dari dari Carik Desa,” terangnya.

Diakui Erik, sebelum mengetahui manfaat dan fungsi dari sanimas Citarum Harum ataupun TPS 3R kebanyakan warga sekitar ada yang pro dan kontra juga.

“Memang sebelumnya ada masyarakat ada yang pro dan kontra. Tapi setelah ada sosialisasi dan dijelaskan tugas dan fungsi manfaatnya dari TPS 3R maupun sanimas Citarum Harum hampir semua warga memahami. Malah berharap pelaksanaannya segera dimulai,” ujarnya.

Ia mengatakan, selama pembangunan, diperintahkan oleh Komandan sektor 21 Kolonel Infanteri Yusep Sudrajat untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan TPS 3R Citarum agar berjalan lancar aman dan tertib, tidak ada kendala.

“Kami diperintahkan oleh Dansektor 21 untuk mengawal pembangunan, dan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di lapangan ya kami akan segera bertindak secepat mungkin,” pungkasnya. (**)

Categories: Regional