Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pekerajan Tahap I P3TGAI Diserahterimakan – El Jabar

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pekerajan Tahap I P3TGAI Diserahterimakan

INDRAMAYU, eljabar.com — Pekerjaan Tahap I Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun anggaran 2021 BBWS Cimanuk Cisanggarung diserahterimakan kepada masing-masing Kepala Desa yang mendapat program tersebut.

Pada pekerjaan Tahap I P3-TGAI tersebut BBWS Cimanuk Cisanggarung berhasil membuat 298 saluran tersier yang tersebar di 4 kabupaten, masing-masing Indramayu, Garut, Sumedang dan Majalengka.

Kegiatan ini juga berhasil menyerap 6.868 tenaga kerja yang berasal dari sekitar lokasi pekerjaan. Selain hal ini tentu berdampak pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), masyarakat yang terlibat dalam pekerjaan P3-TGAI juga berhasil mendapatkan penghasilan dari program kerakyatan tersebut.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi tak segan-segan untuk mengajak semua stake holder P3-TGAI berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan merawat saluran tersier yang telah dibangun.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para petani tidak mengalihfungsikan sawah yang dimiliki. Hal ini beralasan, sebab alih fungsi lahan justru akan berdampak pada produksi pertanian yang dihasilkan.

“Jalanan yang ada di samping saluran tersier, tidak perlu diaspal karena akan membebani konstruksi saluran,” kata Ismail mengingatkan.

Selain itu, imbuh Ismail, bangunan lain, baik yang semi permanen apalagi yang permanen, sebaiknya tidak dibangun di atas saluran.

“Saluran irigasi dibuat untuk mengalirkan air ke sawah dan bukan untuk menahan beban,” terangnya kemudian.

Maka dari itu ia berharap seluruh elemen yang terlibat dalam P3TGAI bersama masyarakat lainnya tetap menjaga saluran yang dibangun secara bersama-sama itu.

Di akhir arahannya, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi menyampaikan apresiasi kepada Tim Pendamping Masyarakat (TPM), Perhimpunan Petani Pemakai Air (P3A), masyarakat dan Satuan Kerja OP SDA BBWS Cimanuk Cisanggarung. (*wn)

Categories: Nasional