Setahun, Tim PSC 119 Simpatik Kabupaten Sumedang Respon 2.344 Panggilan

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Tim PSC 119 Simpatik Kabupaten Sumedang bertempat di Hotel Asri Sumedang, Rabu (20/11/2019).

Ketua panitia kegiatan drg. Hana Zaitunah Fuadzi dalam laporannya mengatakan, sebanyak 22 orang yang tergabung dalam Tim PSC 119 mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan tanggal 20-22 November 2019.

Dikatakan drg. Hana, PSC 119 Simpatik telah berusia satu tahun pada tanggal 15 November 2019 sejak diluncurkan oleh Bupati H. Dony Ahmad Munir pada 15 November 2018.

“Kami sudah berulang tahun dan dirayakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional. Selama satu tahun kami berjalan kami akui masih belum berjalan dengan sempurna. Tetapi kami akan terus berusaha untuk memperbaiki diri demi kualitas dan pelayanan kami terhadap masyarakat,” ujarnya.

Selama setahun telah masuk ke PSC 119 sebanyak 2.344 panggilan. Dari jumlah itu, tidak semuanya relevan atau ingin dilakukan penanganan kegawat daruratan maupun layanan layad rawat. Bahkan masih ada yang panggilan yang sifatnya iseng.

“Dari 2.344 panggilan, lebih dari setengahnya Tim PSC 119 Simpatik telah memberikan pelayanan ke masyarakat, baik melakukan layad rawat langsung ke rumah-rumah atapun penanganan kecelakan lalu lintas,” tuturnya.

Ia melaporkan, selama perjalanannya PSC 119 Simpatik tidak lepas dari berbagai macam masalah dan kendala diantaranya masih kekurangan SDM.

“Karena tidak mempunyai dokter khusus, supir ambulans, operator call center dan tenaga kesehatan untuk PSC 119 di Kabupaten Sumedang, maka dua bulan lalu kami melakukan seleksi. Alhamdulilah bulan September 2019, kami merekrut 3 orang dokter, 8 orang perawat, 4 orang bidan, 5 orang operator, dan 2 orang supir ambulan,” ucapnya.

Walaupun tim kecil tapi ia yakin akan memberikan perubahan dengan memberikan pelayanan yang lebih optimal terutama peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Bupati H Dony Ahmad Munir mengapresiasi kinerja Tim PSC 119 Simpatik yang merupakan salah satu program unggulan Pemda Kabupaten Sumedang. Bupati juga mengucapkan selamat kepada anggota Tim yang baru bergabung.

“Selamat bagi saudara-saudara yang terpilih dan diberi kepercayaan untuk menjadi Tim PSC 119 Simpatik. Tidak semua orang bisa seperti saudara-saudara yang bergabung dengan Tim melalui proses rekrutmen yang sangat selektif, terbuka, fair dan bersih.” ungkapnya.

Ia berharap kepada yang terpilih agar bersungguh- sungguh dan menjalani tugas dengan sebaik- baiknya, termasuk mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas SDM.

“Saya mohon ikuti dengan sungguh- sungguh dan seserius mungkin. Jangan sampai ada yang formalitas mengikuti ini. Pasti akan ada sesuatu yang baru yang akan kita dapatkan dari kegiatan ini,” harapnya.

Ia menambahkan, Program PSC merupakan program yang sudah ada dari pusat, namun pelaksanaannya di tiap daerah berbeda-beda, bergantung kepada keseriusan kepala daerah dan para pemangku kepentingannya.

“Sumedang menjadi bagian yang serius dan fokus untuk menyelenggarakan PSC ini. Karna ini sebuah bagian untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, memberikan jemput bola dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Ia menambahkan, PSC 119 Simpatik merupakan program unggulan Kabupaten Sumedang untuk kegawatdaruratan termasuk kecelakaan lalu lintas.

“Untuk Lansia yang sakit dan tidak bisa datang ke rumah sakit atau Puskesmas, kita layani pula.Tolong dilayani dengan baik, ramah dan selalu memberikan senyuman,” pungkasnya. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan