Sumedang Siap Salurkan Bansos Putaran Kedua DTKS dan non-DTKS - El Jabar

Sumedang Siap Salurkan Bansos Putaran Kedua DTKS dan non-DTKS

SUMEDANG, eljabar.com — Penyaluran bantuan sosial putaran kedua DTKS dan non-DTKS sedang diproses. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman usai menerima kunjungan KPK RI di Ruang Rapat Sekda, Kamis (25/6/2020).

“Untuk putaran pertama baik DTKS maupun non DTKS semuanya sudah disalurkan. Adapun untuk putaran kedua sekarang sedang diproses, mudah-mudahan bisa secepatnya,” ungkapnya.

Dikatakan Sekda, untuk penyaluran bansos putaran kedua, terlebih dahulu pihaknya akan melakukan updating data, tidak hanya masyarakat yang terdampak covid tetapi juga bagi masyarakat yang memenuhi syarat.

Data yang sekarang akan di update ini, kata Sekda, berasal dari warga masyarakat yang masuk dalam kategori non DTKS dengan dua syarat yang ditentukan terutama yang tidak tercover di putaran pertama karena satu atau lain hal.

“Pertama, masyarakat yang kehilangan mata pencaharian (jobless), kedua, masyarakat yang tidak mempunyai kemampuan untuk membiaya kehidupan sehari hari dan tidak punya tabung atau aset (miskin baru). Miskin DTKS dan Miskin baru ini yang menjadi sasaran penerima bantuan sosial di era pandemi covid 19 ini,” ungkapnya.

Kaitan hal itu, Sekda menegaskan, pemerintah daerah membuka diri, masyarakat yang merasa berhak dan memenuhi syarat namun belum tercover mendapatkan bantuan agar segera menyampaikan pengaduan melalui aplikasi MA UNEH atau bisa juga melalui SSQR.

“Silahkan sampaikan pengaduan di MA UNEH atau SSQR tapi akan kami cek ricek, verifikasi dan validasi kalau ternyata belum masuk sebelumnya karena banyak juga yang double,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan