Tahun Depan, Pemkab Pamekasan Siapkan 5.000 Peserta Digital Talent Scholarship Kementerian Kominfo – El Jabar

Tahun Depan, Pemkab Pamekasan Siapkan 5.000 Peserta Digital Talent Scholarship Kementerian Kominfo

PAMEKASAN, eljabar.com – Kepedulian terhadap para pelaku ekonomi kembali diperlihatkan oleh Pemkab Pamekasan.

Kepedulian tersebut diwujudkan dengan beberapa langkah kongkrit yang inovatif, salah satunya adalah membuka kerjasama Program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Surabaya di rumah dinas Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Jum’at (10/09/2021).

Kepala BPSDMP Surabaya Eka Handayani di rumah dinas Bupati Pamekasan, Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati, mengatakan, akan melakukan sosialisasi program DTS yang memiliki 8 akademi.

Eka menambahkan, 8 akademi tersebut meliputi Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy dan Goverment Transformation Academy.

Selain itu ada juga Digital Enterpreneurship Academy, Thematic Academy, Talent Scouting Academy, Digital Leadership Academy serta Personal Academy.

Alhamdulillah, berkat pak Bupati tadi, khusus Kabupaten Pamekasan siap 5.000 digital talent yang akan kami latih di sini,” ujar Eka usai pertemuan dengan Bupati Pamekasan bersama OPD terkait. Jum’at (10/09/2021).

Pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan awal tahun 2022 tersebut, menurut Eka bisa digelar secara online maupun offline.

Namun, jika pelatihan akan dilaksanakan secara off line atau luring, tandas Eka, Pemkab Pamekasan berkewajiban menyediakan tempat atau ruangan. Sedangkan pemateri, instruktur dan kurikulum pelatihan tersebut dari Kementerian Kominfo.

Karena sekarang ini serba digital, sehingga platform pelatihannya tidak hanya UMKM yang akan go online. Tetapi, masyarakat umum, anak-anak muda yang akan memulai usaha bisa bergabung di program digital enterprenuership academy,” urainya kemudian.

Eka juga mengemukakan, untuk mewujudkan program ini pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah yang mempunyai program wirausaha baru (WUB) dengan cara mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ada, agar usaha mereka lebih maksimal.
“Nanti kita akan bersinergi dengan program Digital Talent Scholarship,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam berkomitmen akan memaksinalkan adanya program tersebut untuk menfasilitasi masyarakat, mahasiswa, dan anak-anak sekolah yang mau mengembangkan potensinya di bidang usaha digital ini.

Bahkan, ia meminta agar program tersebut dapat dilaksanakan di waktu yang tersisa pada tahun 2021 sekarang.

“Kami sangat mengapresiasi program tersebut, ini merupakan program luar biasa yang harus dimanfaatkan dengan baik,” ucap Badrut. (idrus)

Categories: Nasional